Ternyata, Istilah 'Omnibus Law' Asalnya dari Bahasa Latin. Ini Arti Sebenarnya

Hikmat Rabbbani

Istilah Omnibus Law mendadak viral se-Indonesia. Kata ini tiba-tiba ramai diperbincangkan warga seluruh Tanah Air. Bukan itu saja, istilah ini sempat memicu aksi demontrasi besar-besaran di berbagai daerah. Dari sisi bahasa, istilah ini termasuk asing, karena tak banyak dikenal orang.

Mungkin banyak dari kita yang belum begitu paham dari mana istilah Omnibus Law ini berasal. Teryata, kata “omnibus” berasal dari bahasa Latin, yaitu omnis. Omnis artinya “banyak”.

Awalnya, kata Omnis sebenarnya tak ada kaitannya dengan undang-undang sebuah negara. Istilah ini asalnya berkaitan dengan dunia sastra dan film. Dalam dua bidang itu, Omnis artinya penggabungan beragam genre sasatra atau menggambarkan sebuah film yang terbuat dari beberapa kumpulan film pendek.

Istilah Omnis ini kemudian dipinjam oleh dunia perundang-undangan negara. Tujuannya sebenarnya tidak jauh beda dengan penggunaannya di dunia sastra dan film. Dalam dunia undang-undang, Omnibus diartikan sebagai sebuah cara untuk menyederhanakan berbagai macam undang-undang menjadi beberapa saja.

Dalam dunia hukum, kata omnibus selalu disandingkan dengan kata law atau bill. Omnibus Law artinya suatu rancangan undang-undang (bill) yang mencakup lebih dari satu aspek yang digabung menjadi satu undang-undang. Omnibus Law kemudian berkembang menjadi sebuah mekanisme hukum untuk menyederhanakan sebuah undang-undang yang jumlahnya banyak dan tumpang tindih.

Tercatat beberapa negara pernah menggunakan mekanisme omnibus law ini. Diantaranya, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. AS menggunakan omnibus law pada tahun 1840, sementara Kanada pada tahun 1888. Selain negara Eropa, beberapa negara Asia juga pernah menggunakan cara omnibus law, seperti Vietnam dan Filipina.

Editor: Jahziel

artikel terbaru