Dear Millenial, Catat Nih! Setiap Penduduk Indonesia Saat Ini Menanggung Utang Rp 20,5 Juta

Jahziel

Berapa besaran utang Indonesia saat ini? Dan berapa besaran utang masing-masing pendukung, jika seluruh utang negara itu dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia?

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menerangkan, jumlah utang pemerintah Indonesia saat ini mencapai Rp 5.594,9 triliun. Jumlah hutang ini merupakan akumulasi dari hutang lama dan hutang baru yang baru dipinjam oleh pemerintah kepada lembaga dan negara donor. 

Bhima menambahkan, pada tahun 2020 ini, pemerintah misalnya telah menerbitkan Global Bond sebesar USD 4,3 miliar dengan tenor 30,5 tahun atau jatuh tempo pada tahun 2050 mendatang.

Lalu, berapa jumlah yang mesti ditanggung oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Setiap 1 orang penduduk di era Pemerintahan Jokowi-Maa’ruf Amin tercatat menanggung utang Rp 20,5 juta. Itu diambil dari perhitungan utang pemerintah Rp 5.594,9 triliun per Agustus 2020 dibagi 272 juta penduduk," jawab Bhima seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

Jumlah ini besar kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan situasi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

"Di tengah situasi pandemi, pemerintah terus menambah utang dalam bentuk penerbitan utang valas yang rentan membengkak jika ada guncangan dari kurs rupiah," tambah Bhima.

Editor: Jahziel

artikel terbaru