Viral! Ronaldo Ucapkan 'Insyallah'. Ini 11 Bukti Kedekatannya Dengan Islam

Hikmat Rabbbani

Meski bukan seorang muslim, pesepakbola Cristiano Ronaldo punya kedekatan tersendiri dengan agama Islam. Ada berbagai momen yang menunjukkan striker asal Portugal ini sangat akrab dengan dengan Islam. Tak heran, jika kerap muncul kabar bahwa Ronaldo sangat tertarik untuk memeluk agama Islam.

Berikut beberapa bukti kedekatan Ronaldo dengan Islam.

1. Mengucapkan “Insyallaah”

Ronaldo sangat menggemari petarung UFC Khabib Nurmagomedov. Saat Khabib akan melawan Justin Gaethje pada perebutan gelar juara dunia kelas ringan di Abu Dhabi, Minggu (25/10/2020), Ronaldo memberi semangat pada Khabib dengan mengucapkan kata “insyallah”. "Tentu, tentu saja, Khabib akan menang UFC 254. Saudara saya. Insya Allah Khabib menang," kata Ronaldo

 

2. Suka Mendengar Al-Quran

Ronaldo mengaku sangat suka mendengar bacaan Al Quran. Ia mengaku sering mendengarkan saat Mesut Oezil, rekan setimnya yang beragama Islam, membaca Al Quran. Bahkan, Ronaldo mengaku merasa tentram pada momen-momen tersebut. "Setiap mendengar Oezil membaca Al Quran, saya selalu merasa damai dan hati pun menjadi sejuk," ujar kapten timnas Portugal itu.

 

3. Hafal Surat Al Fatihah

Mungkin banyak yang tak percaya dengan fakta ini. Tapi, ini pengakuan langsung dari Ronaldo. Karena sering mendengar Al Quran, Ronaldo mengaku sampai hafal dengan surat Al Fatihah. "Aku sudah hafal surat Al-Fatihah," kata Ronaldo.

 

4. Ingatkan Baca “Bismillah”

Saat akan dimulainya pertandingan, Ronaldo rutin mengingatkan Mezut Oezil untuk membaca doa Bismillah. "Cristiano Ronaldo teman yang sangat baik. Jika saya pergi ke ruang ganti dan lupa mengucapkan Bismillah, dia sering mendatangi saya dan berkata, 'Oezil, kamu lupa mengucapkan Bismillah'," kenang Oezil.

 

5. Fasih Ucapkan “Assalamualikum”

Ronaldo juga sangat fasih mengucap kalimat salam dalam agama Islam. Saat bertemu dengan Khabib, petarung UFC itu mengucap kalimat 'assalamualaikum' dengan nada pelan kepada Ronaldo. Tak disangkan, teryata Ronaldo menirukan kalimat yang sama dengan keras dan lantang. "Assalamualaikum," ucap Ronaldo sambil mengangkat ibu jarinya.

 

6. Menunggu Oziel Selesai Salat

Ini kebiasaan yang tak banyak diketahui publik. Ozieal yang membocorkan rahasia ini. Menurut Ozieal, Ronaldo selalu menunggu dirinya sampai selesai salat. "Ronaldo selalu menungguku hingga selesai salat," ungkap Oezil.

 

7. Kagum Pada Al Quran

Pengakuan ini disampaikan langsung oleh Ronaldo. Ia mengatakan sangat mengagumi ktab suci umat Islam itu. "Banyak yang tidak mempercayai bahwa saya mengagumi Al-Quran. Tapi memang begitulah kenyataannya," kata Ronaldo.

 

8. Dekat Dengan Pemain Muslim

Di tim tempatnya berlabuh, Ronaldo sangat dekat dengan pemain muslim. Salah satu kawan akrabnya adalah Mesut Oezil, saat keduanya bermain untuk Real Madrid pada musim 2010-2013.
 

9. Tolak Kostum Israel

Pada akhir pertandingan antara Portugal melawan Israel pada kualifikasi Piala Dunia 2014, Ronaldo menolak bertukar kostum dengan pemain Israel. Alasannya, karena dia tidak ingin mengenakan kostum berbendera Israel.

 

10. Beri Hadiah Bocah Palestina

Seorang bocah berusia 5 tahun, Ahmad Daubasha, adalah satu-satunya korban selamat dari keluarga Palestina yang diserang pemukim Yahudi Israel. Pada tahun 2016, Ronaldo mengundang Ahmad ke pusat pelatihan Real Madrid. Bukan itu, saja, Ronaldo memberikan hadiah kepadanya.

 

11. Sepatu Emas Untuk Palestina

Ronaldo pernah menyumbangkan sepatu emas miliknya yang bernilai 1,5 juta euro (Rp 18,4 miliar) untuk pembangunan sekolah di Gaza, Palestina. Sepatu emas ini didapat Ronaldo setelah menjadi top skorer Liga-liga Eropa pada musim 2010/2011.

Editor: Jahziel

artikel terbaru