Sehari Sebelum Duel, Khabib Nurmagomedov Bagikan Video Sangat Menyentuh Ini

Hikmat Rabbbani

Khabib Nurmagomedov akan menghadapi Justin Gaethje dalam duel perebutan sabuk kelas ringan di UFC 254, pada Minggu (25/10) dini hari WIB di Fight Island, Abu Dhabi. Dalam pertarungan ini, Khabib akan mempertahankan rekor tak terkalahkannya selama 28 kali laga di Mixed Martial Arts. Lawan Khabib sendiri, Gaethje, juga punya rekor yang cukup bagus. Ia meraih kemenangan 19 KO/TKO dari 22 kemenangan yang telah diraih.

Sehari menjelang duel, di akun Youtube pribadinya, Khabib membagikan aktifitas sehari-harinya. Video ini ia beri judul khusus: 'UAE Training Camp'. Di video ini, tampak Khabib menjalani proses latihan rutin yang biasa dilakukannya setiap akan melakoni laga. Latihan itu dilakukannya di NAS Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab.

Selain itu, dalam video itu, Khabib memperlihatkan menu makan yang disantapnya. Dari beberapa menu, terlihat ada salad dan ayam.

Satu aktifitas lain Khabib yang membuat para penggemarnya tersentuh adalah momen dimana ia menjalankan ibadah salat. Tepatnya, salat dhuhur. Di video itu, tampak Khabib melakukan salat berjamaah bersama tim dan teman-temannya. Khabib menjadi imam salat. Ia tampak mengenakan gamis warna biru dan berdiri di depan.

 

Khabib memang dikenal sebagai muslim yang sangat taat. Selain rajin menjalankan ibadah, juga sering kali mem-posting potongan ayat-ayat Al Quran dan hadits Nabi Muhammad di media sosial pribadinya. Ia juga selalu mengucapkan 'Bismillah' dan 'Alhamdulillah' pada saat sebelum dan seusai laga.

Khabib tidak pernah mau bertarung pada bulan Ramadhan. Menurutnya, itu momentum bagi dirinya untuk beribadah.

"Selama Ramadhan, saya pergi ke masjid, berdoa, dan berpuasa penuh. Saya juga banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, orang tua," katanya.

Dalam beberapa momen pertandigan, Khabib menegaskan soal keyakinannya. Setelah memenangi laga, Khabib hampir selalu menunjuk jarinya ke langit. Itu caranya untuk menunjukkan betapa dirinya tak berarti apa-apa tanpa keberadaan Allah SWT.

"Hanya ada satu Tuhan. Tanpa-Nya, saya tak akan pernah bisa merasakan semua kenikmatan ini. Alhamdulillah, Tuhan menganugerahkan semuanya kepada saya," ucap Khabib suatu waktu.

Khabib mencatatkan diri sebagai petarung muslim pertama yang berhasil merebut sabuk juara UFC. Ia lahir di Dagestan, Rusia, sebuah kawasan berpenduduk muslim.


 


 

Editor: Jahziel

artikel terbaru