Dibalik Nama Khabib Nurmagomedov: Cinta Cahaya Nabi Muhammad

Hikmat Rabbbani

Khabib Nurmagomedov akan menghadapi Justin Gaethje dalam duel perebutan sabuk kelas ringan di UFC 254, pada Minggu (25/10) dini hari WIB di Fight Island, Abu Dhabi. Khabib merupakan petarung beragama Islam pertama yang berhasil merebut sabuk juara UFC. Ia lahir di Dagestan, Rusia, sebuah kawasan berpenduduk muslim.

Selain figurnya, nama Khabib Nurmagomedov mengundang rasa penasaran para penggemarnya. Mereka bertanya-tanya, apa arti dibalik nama atlet pujaan mereka itu.

Nama “Nurmagomedov” sebenarnya sangat familiar di kawasan Rusia. Negeri itu akrab dengan huruf “O” dan “V” dalam penamaan. Namun, nama Khabib Nurmagomedov sendiri memiliki arti yang sangat indah. Terutama jika dilihat dari arti bahasa Arabnya.

Kata “Khabib” diambil dari bahasa Arab yang artinya 'cinta' atau 'sayang'. Di Indonesia, nama ini sangat populer dan banyak digunakan oleh para ulama keturunan Nabi Muhammad.

Adapun kata “Nurmagomedov” gabungan dari dua suku kata Arab dan Rusia. Yaitu, kata “nur” dan magomedov. Nur artinya 'cahaya', sementara Magomedov artinya 'Muhammad', yang merujuk pada sosok Nabi Muhammad.

Tak banyak yang tahu bahwa dalam bahasa Rusia, kata Nurmagomedov di baca tanpa menyebut huruf 'g'nya. Jadi, Nurmagomedov dilafalakan dengan vokal berikut: 'Nurmuhammadov'. Dengan vokal ini, jelas sekali bahwa kata Nurmagomedov mengacu pada sosok Nabi Muhammad.

Jadi, kalau digabung, arti nama Khabib Nurmagomedov adalah “cinta kepada cahaya Nabi Muhammad”. Dalam definisi yang lain, juga bisa diartikan “cahaya Muhammad yang tercinta” atau “kekasih cahaya Muhammad”. Sungguh nama yang sangat indah.

Sebenarnya ada satu kata pada nama Khabib yang jarang dia gunakan, yaitu Abdulmanapovich. Nama ini berada di antara kata Khabib dan Nurmagomedov. Dalam bahasa Rusia, kata itu artinya “putra Abdulmanap”. Abdulmanap adalah nama ayah Khabib. Jadi, nama adalah penegasan identitas Khabib sebagai putra dari Abdulmanapovich. Maka, jika digabung semuanya, nama lengkap petarung yang populer dengan strategi pitingnya ini adalah Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov.

Editor: Jahziel

artikel terbaru