Belajar dari Khabib yang Pensiun Demi Ibunya, Ini 7 Ayat Al Quran Tentang Bakti Pada Orangtua

Hikmat Rabbbani

Secara mengejutkan, Khabib Nurmagomedov mengumumkan untuk pensiun dari dunia bela diri campuran profesional. Keputusan mendadak ini diambil setelah dirinya mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, Minggu, (25/10/2020).

Khabib menyampaikan bahwa alasan dirinya pensiun adalah karena itu adalah janjinya kepada sang ibu. Khabib berjanji kepada ibundanya bahwa laga melawan Gaethje adalah yang terakhir.

"Saya bicara dengan ibu saya tiga hari yang lalu. Ia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya. Saya berjanji kepadanya bahwa ini merupakan pertarungan terakhir saya. Saya menepatinya. Saya harus melakukannya," demikian peryataan Khabib, sebagaimana dilansir dari Reuter,  (25/10/2020). Ayah Khabib, yang juga merangkap sebagai pelatihnya, meninggal beberapa bulan yang lalu. Khabib sangat mencintai ayahnya.

Khabib yang seorang muslim, dikenal sangat memegang teguh ajaran-ajaran Islam. Termasuk ajaran Islam untuk berbakti pada kedua orangtunya. Ajaran Islam sangat menekankan bahwa seorang anak harus menghormati dan dan berbakti pada kedua orangtuanya. Perintah untuk berbakti kepada orangtua ini tertuang dalam berbagai ayat Al Quran. Berikut 7 ayat al Quran tentang bakti pada kedua orangtua:

1. QS al-Isra’: 23

Dalam surat ini, Allah menekankan seorang anak untuk berbuat baik kepada orangtuanya.

Berikut arti surat Al Isra ayat 23: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS al-Isra’ : 23)

 

2. QS Luqman: 14

Pada ayat ini, Allah menjelaskan bagaimana beratnya tanggungjawab yang dijalankan seorang ibu, mulai dari mengandung dan menyapih anaknya selama dua tahun. Oleh karena itu, Allah memerintah untuk berbakti pada mereka.

Berikut arti dari Surat Luqman ayat 14: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman: 14).


3. QS an-Nisa’: 36

Pada ayat ini, Allah memerintahkan seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya.

Berikut arti dari surat An Nisa ayat 36: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,” (QS an-Nisa’: 36)

 

4. QS al-Baqarah: 83

Di ayat ini, Allah sekali lagi menekankan tentang kewajiban seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya.

Ini arti surat Al Bgarah ayat 83: "Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (QS al-Baqarah : 83).
 

5. QS al-An’am: 151

Seperti pada ayat yang sebelumnya, di ayat ini Allah meneguhkan perintahnya tentang kewajiban anak untuk berbuat baik kepada ayah dan ibunya.

Berikut arti ayatnya: “Katakanlah, ‘Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapakmu, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar[518]”. demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya).” (QS al-An’am : 151)


6. QS al-Isra’: 24

Ayat ini memerintahkan agar setiap anak bersikap rendah diri dan selalu berdoa untuk kedua orangtuanya.

Berikut arti surat Al Isra ayat 24: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS al-Isra’ : 24).

 

7. QS Ibrahim: 41

Ayat ini berisi tentang doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan anak untuk kedua orangtuanya.

Berikut artinya: “Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS Ibrahim : 41).
 

Khabib menjadi contoh anak yang sangat berbakti pada ibu dan ayahnya. Ia rela melepas karir cemerlangnya demi kedua orangtuanya. Bahkan, dalam peryataan terakhirnya, ia memberi pesan menyentuh kepada lawan yang dikalahkannya, Gaetje. Khabib meminta Gaetje untuk menghormati dan senantiasa dekat dengan orangtuanya.

"Saya tahu Anda (Gaethje) hebat. Saya tahu bagaimana Anda sangat peduli kepada orang-orang Anda. Tetaplah dekat dengan orang tua Anda. Sebab Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi besok," kata Khabib.

 

 

Editor: Jahziel

artikel terbaru