Viral Aksi Ustaz Das’ad Latif Bubarkan Jemaah Pengajiannya, Pulang sambil Berselawat

Pangestu Abi

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda membuat sejumlah sektor mulai menerapkan cara-cara baru demi dapat terus berjalan. Sektor pendidikan dan dakwah pun juga mengalami cara baru dengan menyiarkan sejumlah dakwah atau ceramah secara digital atau online. 

Saat ini, sejumlah acara publik seperti pengajian sudah bisa dilakukan meski dengan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan, seorang ustz rela membubarkan pengajiannya karena pengunjung dalam pengajiannya membludak. 

Ustaz tersebut adalah Ustaz Das’ad Latif. Aksinya membubarkan pengajiannya sendiri terekam dan diunggah oleh sebuah akun Instagram @jayalah.negeriku. 

“Ustadz DR.H.Das'adLatif S.Sos.Ag Membubarkan Jamaahnya. Dan minta maaf kepada jamaahnya. Tadinya dijadwalkan untuk acara keluarga dihadiri sekitar 100 orang ternyata yang hadir ribuan jamaah. Mudoratnya lebih baik tidak berkumpul daripada mendengarkan ceramah beliau. Demi terhindarnya dari virus COVID19,” tulis akun @jayalah.negriku. 

Dalam video berdurasi 1 menit 52 detik tersebut terlihat Ustaz Das’ad Latif mengajak jamaahnya untuk segera membubarkan diri dengan berwibawa dan sangat santun.  

“Ayo kita pulang setuju? Ayo, memang ini kita mau dengar ceramah, tapi wabah lebih bahaya,” ajak Ustaz Das’ad Latif. 

Selian menjelaskan bahwa wabah pandemi COVID-19 yang dialami saat ini lebih berbahaya, Ustaz Das’ad Latif juga mengajak jemaah untuk berselawat sembari meninggalkan lokasi ceramah tersebut. 

"Bismillah kita tinggalkan tempat. Ayo, mohon maaf sebesar-besarnya. Tidak enak tapi harus dilakukan demi kemaslahatan kita. Mari kita berselawat. Ibu-ibu dulu, tetap pakai masker, jaga jarak," ajak Ustaz Das’ad Latif. 

Video unggahan akun Instagram @jayalah.negriku ini pun viral dan mendapat respons yang beragam dari warganet. 

“Contoh yang baik,” balas akun @sasotyo. 

“Saya nasrani suka skali dengan ustad ini. Bahkan saya followernya di FB, IG dll. Suka dgr cerahmanya,” balas akun @vannykaunang. 

“Nah ini baru ulama, mikirin keselamatan umat bkn nyari muka, toh ntr bs dengerin ceramah beliau di yutup, takutnya hbs cramah trs covid menyerang,” balas akun @raranggeny. 

Kini, video unggahan akun Instagram @jayalah.negriku ini pun telah disukai lebih dari 1,7 ribu kali. 

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru