Ketahui 5 Lagu Daerah Jawa Barat Yang Paling Banyak Dicari Orang

Normalita Vinska

Jika membahas mengenai daerah Jawa Barat, apa yang kamu pikirkan selain budaya dan kulinernya? Ada yang kepikiran akan lagu-lagu dari daerah Jawa Barat gak sih. Kalo kalian gak tau nih, lagu daerah Jawa Barat ini sendiri merupakan cerminan dari daerah Sunda yang sangat kental lho.

Mulai dari lirik, makna, dan juga instrumentalnya lagu-lagu yang berasal dari Tanah Sunda memang memiliki nilainya tersendiri. Daerah Sunda juga dikenal dengan tembang pop Sunda-nya lho.

Tidak sembarangan orang yang bisa melantunkan tembang Sunda dengan sempurna, karena jika kamu dengerin nih lagu tembang pop Sunda pasti ada cengkok-cengkok yang sulit untuk bisa ditirukan.

Kalo Begitu, lebih baik kalian simak dan kenali deh 5 lagu daerah Jawa Barat yang paling banyak dicari orang, seperti di bawah ini:

  1. Bubuy Bulan
(sumber: https://unsplash.com/@nate_dumlao)

Lagu ‘Bubuy Bulan’ ini merupakan lagu yang populer di masyarakat Sunda, sebab lagu ini sangat sering diajarkan oleh guru-guru di sekolah dalam pelayajaran Kesenian dan Budaya.

‘Bubuy Bulan’ ini mengartikan kesedihan seseorang yang ditinggalkan oleh sang kekasih, kalian juga perlu tau nih kalo ‘Bubuy Bulan’ ini termasuk dalam lagu sajak berirama atau syair pantun.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Bubuy Bulan

  1. Cing Cangkeling
(sumber: https://unsplash.com/@cirala_sky)

Merupakan lagu yang biasa digunakan oleh anak-anak Sunda melakukan permainan,seperti kucing-kucingan atau permainan yang dimainkan dengan berlarian.

Lagu ‘Cing Cangkeling’ ternyata memiliki makna yang tersirat dalam lirik-liriknya. ‘Cing Cangkeling’ ini diibaratkan seperti burung yang beterbangan kesana kemari layaknya manusia yang sedang asik bermain.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Cing Cangkeling

  1. Es Lilin
(sumber: https://unsplash.com/@dilja96)

Lagu dengan Bahasa Sunda yang sangat kental, lagu ‘Es Lilin’ ini merupakan lagu tradisional dari daerah Jawa Barat. Lagu ini pun sangat terkenal dan populer kala itu, bahkan sampai sekarang.

Kalian tau gak sih, kalo lagu ‘Es Lilin’ ini sempat dinyanyikan ulang dengan menggunakan Bahasa Jawa oleh Ibu Mursyih. Tidak hanya di dalam negeri saja, penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhalizah nyatanya juga turut menyanyikan lagu ‘Es Lilin’ ini.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Es Lilin’

  1. Tokecang
(sumber: https://unsplash.com/@sergio_rota)

Agar lebih bisa diterima oleh masyarakat luas, lagu ‘Tokecang’ sempat diaransemen dengan musik pop. Lagu ‘Tokecang’ ini pun menjadi salah satu lagu daerah Jawa Barat yang cukup terkenal.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan digunakannya lagu ini menjadi soundtrack sinetron anak-anak di televisi swasta. Kalo kalian dengarkan, lagu ‘Tokecang’ ini memiliki irama yang riang, bertempo cepat, serta memiliki lirik yang jenaka.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Tokecang

  1. Manuk Dadali
(sumber: https://unsplash.com/@mollywright)

Sama seperti lagu ‘Bubuy Bulan’, lagu daerah Jawa Barat lainnya yang populer adalah ‘Manuk Dadali’. Lagu ini pun juga masih diajarkan di sekolah dasar maupun menengah ke atas.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Manuk Dadali’

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru