Saat Pacar Punya Penghasilan Lebih Besar, Ingat 5 Hal Ini Agar Tak Jadi Konflik

Anindita Sekar

Persoalan finansial terkadang menjadi isu yang cukup sensitif. Terlebih dalam hubungan asmara, dimana si dia memiliki penghasilan yang lebih besar dari pada kita.

Rasa cemburu dan iri, merasa tak mampu kadang tak bisa dihindarkan ketika pasangan memiliki penghasilan yang lebih besar. Jika tak disiasati dengan benar, hal ini bisa menjadi konflik di kemudian hari.

Dilansir dari The Cusp, berikut beberapa cara menghadapinya.

1. Jangan membandingkan

Ungkapan “rumput tetangga lebih hijau” mungkin bisa digunakan untuk masalah ini. Sayangnya, hal ini menunjukkan bahwa kamu mungkin tidak terlalu puas dengan kondisimu saat ini. Rasa iri dan kebingunan tentang apa yang terjadi dalam hidupmu menjadi kabur. Perlu diingat bahwa penting untuk mencari cara agar kamu puas dengan hidupmu tanpa membandingkan hidupmu dengan orang lain, termasuk pasangan.

2. Sukses adalah ukuran yang subjektif

Sukses bukanlah ukuran pakem yang bisa cocok bagi semua orang. Oleh karenanya, kita tak bisa mengukur kesuksesan seseorang hanya dari seberapa besar penghasilan mereka. Setiap orang punya kesuksesannya di bidang masing-masing. Pahamilah itu.

3. Ini bukan kompetisi

Hubungan bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan persaingan. Kita mungkin mudah iri saat si dia punya sesuatu yang lebih besar darimu. Tapi jika kamu ingin terus bersama dengannya, percayalah perasaan tersebut hanya akan menghalangimu. Berbanggalah karena dia mampu membuat sebuah kemajuan. Jika mereka bahagia atas pencapaiannya, bukankah sebagai pasangan kita juga harus turut bahagia?

4. Jadikan inspirasi

Alih-alih iri dengan pencapaian pasangan, kamu lebih baik menjadikannya inspirasi untuk menjadikan mencapai tujuanmu sendiri. Kamu bisa meminta saran darinya agar bisa sukses secara bersama-sama.

5. Jujur

Kita semua sepakat bahwa hubungan yang sehat dibangun atas komunikasi yang baik. Jika kamu merasa terintimidasi dengan kesuksesannya, memendamnya hanya akan menjadikannya bom waktu. Hal ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja. Bicaralah dengannya secara jujur dan ungkapkan perasaanmu dengan hati-hati agar tidak menyinggungnya. Jika dia pasangan yang baik, ia pasti akan memahamimu.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru