5 Top Lagu Populer dari Ebiet G Ade untuk Para Penikmat Karyanya

Normalita Vinska

Ebiet G. Ade yang lahir dengan nama Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far ini lahir di Wanadadi, Banjarnegara, Jawa Tengah pada 21 April 1954. Ebiet G. Ade ini adalah seorang penulis lagu dan sekaligus menjadi seorang penyanyi.

Pada awal karirnya Ebiet G Ade ini mengusung pada lagunya tentang kehidupan Indonesia di akhir tahun 1970 lho. Urusan musik Ebiet G Ade memiliki aliran folk pop, country, dan soft rock. Semua aliran musik yang dipilihnya tersebut dibalut dengan dengan format balada.

Sudah memilki karir yang cukup panjang di dunia permusikan, karya Ebiet G. Ade memang sudah banyak sekali, lagu-lagunya yang sudah dimilikinya itu ada yang bertema tentang cinta, alam, social politik, dan ada juga ada yang bertemakan bencana alam.

Lagu-lagunya pun tak sedikit yang diciptakan oleh dirinya dan berhasil menjadi lagu yang sangat diterima oleh kalangan masyarakat Indonesia. Kalo kalian pernah mendengarkan lagu-lagu Ebiet G. Ade pasti kamu akan langsung menyukainya.

Berikut ini adalah 5 Top lagu populer Ebiet G. Ade yang paling populer:

  1. Untuk Kita Renungkan
(sumber: https://unsplash.com/@vidarnm)

Karyanya yang bertajuk ‘Untuk Kita Renungkan’ ini sudah dirilis pada tahun 1982 yang merupakan single yang berasal dari album yang bertajuk “Tokoh-Tokoh”. Lagu ini dituliskan oleh Ebiet G. Ade setelah bencana Gunung Galunggung yang terjadi di tahun 1982.

Dalam lagu ‘Untuk Kita Renungkan’ ini ternyata memiliki pesan tersirat di dalamnya, pesan yang ingin disampaikan oleh Ebiet G. Ade itu adalah untuk merenung dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan.

Berikut ini lirik dan lagu ‘Untuk Kita Renungkan

  1. Berita Kepada Kawan
(sumber: https://unsplash.com/@benwhitephotogr)

Kali ini lagu ‘Berita Kepada Kawan’ yang juga diciptakan sendiri oleh Ebiet G. Ade ini menceritakan suatu bencana yang pernah terjadi di Indonesia. Dirinya menulis lagu ini setelah bencana gas beracun yang terjadi di Dataran Tinggi Dieng. Lagu ini ditulis oleh dirinya pada tahun 1978.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Berita Kepada Kawan’

  1. Titip Rindu Buat Ayah
(sumber: https://unsplash.com/@derekthomson)

‘Titip Rindu Buat Ayah’ yang berada di album Ebiet G. Ade yang bertajuk “Aku Ingin Pulang” ini sudah dirilis pada tahun 1993. Lagu ini diciptakan oleh penyanyai balada tersebut atas cerita hidupnya sendiri.

Karena diketahui Ebiet G. Ade dengan ayahnya, Aboe Dja’far memiliki hubungan yang buruk. Hubungannya menjadi buruk karena dirinya dipaksa untuk menjadi guru Agama.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Titip Rindu Buat Ayah’

  1. Elegi Esok Pagi
(sumber: https://unsplash.com/@freestocks)

Menjadi lagu yang mudah untuk didengarkan, ‘Elegi Esok Pagi’ ini adalah lagu yang bertemakan cinta yang sudah berhasil dibawakan oleh Ebiet G. Ade. Lagu ini pun bisa banget nemenin kalian saat memikarkan pacar kamu lho.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Elegi Esok Pagi

  1. Menjaring Matahari
(sumber: https://unsplash.com/@mili_vigerova)

Meski bukan menjadi lagu Ebiet G. Ade yang bernuansa romantis, namun lagu ‘Menjaring Matahari’ ini memiliki makna yang sangat dalam. Soalnya lagu ini mengingatkan kita bahwa manusia masih sangat memerlukan Tuhan untuk disetiap lika-liku kehidupan.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Menjaring Matahari’

Jadi, itulah 5 top lagu dari penyanyi balada Ebiet G. Ade yang paling populer di kalangan masyarakat.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru