Merasa Takut Diselingkuhi Pasangan? Ikuti 3 Tips Ini Agar Tetap Yakin

Anindita Sekar

Dalam hubungan asmara, perselingkuhan merupakan momok terbesar dan menyakitkan yang pernah ada. Bagi mereka yang pernah diselingkuhi oleh pasangannya di masa lalu mungkin akan menimbulkan ketakutan dan trauma yang mendalam.

Bagi kamu yang sedang berada di fase ini, ketahuilah bahwa hal ini wajar kamu rasakan dan kamu tak sendiri. Kamu perlu meyakinkan diri sendiri bahwa kamu berada dalam hubungan yang sehat.

Berikut 3 tips agar kamu tak perlu takut untuk diselingkuhi pasanganmu, dilansir dari Huffpost.

1. Jangan menggeneralisasi

Pengalaman masa lalu yang buruk memang membuatmu takut jika hal tersebut akan terulang dalam hubungan barumu. Saat kamu merasakan takut, ingatlah bahwa kisah tersebut tak akan terulang karena kamu bersama orang yang setia. Dengan demikian, kamu akan belajar mengendalikan ketakutan tersebut dengan mengarahkan pikiran kepada realitas baru yang lebih baik.

2. Bicarakan kepada pasangan

Cobalah untuk membicarakan ketakutanmu kepada pasangan. Ini mungkin akan terkesan tak nyaman bagimu maupun bagi pasangan. Meski demikian, berbagi kegelisahan dengan pasangan mungkin akan membantumu meredakan rasa takut dan rasa tak aman yang membebanimu.

Jika kamu berada dalam hubungan yang sehat, kamu mungkin bisa menyembuhkan banyak luka yang kamu dan pasangan miliki. Mereka akan membantumu dengan melakukan segala hal untuk membuatmu merasa aman.

3. Jaga hubungan

Beberapa perselingkuhan terjadi karena hubungan kurang memuaskan kebutuhan masing-masing. Dalam hal ini, kamu dan pasangan perlu melakukan upaya untuk membentuk hubungan yang sehat dan menjaganya agar tetap menjadi lingkaran yang aman. Hidupkan hubungan dengan komunikasi yang baik dan pertemuan-pertemuan yang intim.

Nah, itulah beberapa tips mengurangi rasa takut diselingkuhi. Mulailah dengen membuat perubahan kecil yang positif dalam hubungan yang membuatmu percaya serta yakin bahwa sejarah tak akan terulang lagi.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru