Dua Perempuan Indonesia Raih Penghargaan Atas Kontribusi Lawan COVID-19

Pangestu Abi

Dua peneliti perempuan Indonesia mendapatkan penghargaan dari L’Oreal yang bekerjasama dengan UNESCO sebagai Women in Science tahun 2020. 

Penghargaan tersebut diberikan khusus kepada dua peniliti perempuan yang memiliki kontribusi dan dedikasi tinggi kepada riset dan perkembangan sains di Indoensia serta memberikan dampak besar bagi masyarakat. 

Dua perempuan tersebut adalah Anggia Prasetyoputri dan Latifah Nurahmi. 

Anggia Prasetyoputri adalah seorang peneliti yang telah bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dampak signifikan yang dihasilkan oleh Anggia adalah keberhasilannya menggunakan metode pengurutan basa nukleotida untuk dapat mengidentifikasi bakteri patogen dalam pasien COVID-19 dalam waktu singkat. 

Sedangkan Latifa Nurahmi adalah seorang peneliti sekaligus doktor di bidang Robotika dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Kontribusinya dalam pengembangan mesin robotika dalam industri medis diharapkan dapat mengurangi risiko kontak fisik yang dilakukan pasien COVID-19 dengan dokter. 

Nantinya kedua pemenang tersebut akan menerima pendanaan sebesar Rp100 juta dari L’Oreal Indonesia untuk mewujudkan penelitiannya. 

Hingga kini, L’Oreal dan UNESCO for Women In Science telah memberikan fellowship kepada 59 perempuan Indonesia dalam bidang sains dan pengembangan riset Tanah Air.   

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru