Tidak Hanya Amerika Serikat, 5 Negara Ini Rayakan Thanksgiving dengan Cara Unik

Pangestu Abi

Salah satu festival terbesar di Amerika Serikat sedang dirayakan pada hari ini, Kamis (26/11). Festival tersebut adalah perayaan Thanksgiving. Bahkan, perayaan atas rasa syukur ini merupakan hari libur nasional.

Tak hanya di Amerika Serikat, perayaan Thanksgiving ini juga dirayakan di sejumlah negara. Berikut negara penyelenggara perayaan Thanksgiving unik di berbagai penjuru dunia.

1. Kinr Kansha no Hi di Jepang

Festival Thanksgiving di luar Amerika Serikat (unmissablejapan.com)

Di Jepang tradisi Thanksgiving diadakan setiap tanggal 23 November dengan nama Kinr Kansha no Hi sejak tahun 1948 lalu. Dikenal juga dengan nama festival Niinamesai, perayaan ini digelar untuk merayakan musim panen dengan membuat kerajinan tangan dan hadiah dari anak-anak dan diberikan kepada petugas keamanan setempat.

2. Keberhasilan menjelajah di Kanada

Festival Thanksgiving di luar Amerika Serikat (vox.com)

Pada tahun 1578, seorang penjelajah asal Inggris berhasil mendarat dengan selamat di Nunavut, Kanada bagian utara. Sejak itu lah perayaan Thanksgiving mulai digelar. Namun, sejak tahun 1879, perayaan tersebut dipindah pada tanggal 6 November.

3. Erntedankfest di Jerman

Festival Thanksgiving di luar Amerika Serikat (germangirlinamerica.com)

Di jerman, perayaan Thanksgiving digelar setiap Minggu pertama bulan Oktober dengan nama Erntedankfest. Perayaan yang juga merupakan hari libur keagamaan ini juga digelar sebagai rasa bersyukur atas keberuntungan sepanjang tahun. Festiva ini sangat identik dengan Ernte Krone atau mahkota yang terbuat dari bunga, biji-bijian hingga buah-buahan.

4. Berkumpul di gereja dengan buah lokal di Liberia

Festival Thanksgiving di luar Amerika Serikat (wbur.org)

Dipelopori oleh seorang budak Amerika yang berhasil bebas, Thanksgiving di Liberia dirayakan setiap hari Kamis pertama bulan November sejak abad ke-19. Kegiatan perayaan ini diawali dengan berdoa di gereja sambil membawa keranjang berisi berbagai buah. Setelah itu, buah tersebut akan dilelang layaknya pasar kecil dan setelahnya para warga akan pulang dan berpesta di rumahnya masing-masing.

5. Chuseok Harvest Festival di Korea

Festival Thanksgiving di luar Amerika Serikat (guff.com)

Chuseok Harvest Festival digelar setiap hari ke-15 di bulan ke-8 kalender Lunar oleh warga Korea, Korea Utara dan Korea Selatan. Perayaan yang digunakan untuk menghormati nenek moyang tersebut dirayakan dengan cara pulang kampung dan ziarah ke makan sambil membawa sejumlah makanan tradisional seperti songp’yon (kue beras), torang-t’ang (sup talas) dan song-i (jamur). Selain itu, ada juga festival memanah dan menyanyi.

Sejumlah negara lain juga merayakan Thanksgiving sesuai dengan tradisi negaranya masing-masing, seperti di Tiongkok dengan nama Harvest Moon Festival hingga di India dengan nama festival Pongal. 

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru