Dijuluki Rapunzel Jepang, Wanita Ini Tak Pernah Potong Rambut selama 15 Tahun!

Pangestu Abi

Rin Kambe, warga negara Jepang, dijuluki sebagai Rapunzel Jepang karena memiliki rambut yang sangat panjang mencapai 15 tahun.

Sejak kecil Rin tidak pernah diizinkan untuk memiliki rambut panjang karena dirinya tergabung bersama tim sepak bola di daerahnya. Tetapi, sejak dirinya mencapai usia dewasa, dirinya memutuskan untuk menggunakan rambutnya sebagai ‘senjata dari ekspresi’.

Terakhir kali wanita asal Tokyo ini memotong rambutnya adalah 15 tahun lalu. Kini, rambutnya memiliki panjang hingga 1,78 meter, lebih panjang 10 centimeter dari tinggi Rin.

Meski begitu, rambut panjang tersebut sesekali mengganggu kesehariannya seperti ketika sedang mengganti baju. Menurutnya, rambung panjang tersebut adalah sebuah representasi dari ‘kecantikan Asia’.

“Aku mulai memanjangkan rambut ketika saya mulai serius menari di umur sekitar 20an tahun dan sekarang rambutku panjangnya telah mencapai lantai. Aku mulai memanjangkan rambut karena aku ingin bersinar dengan caraku sendiri,” ungkap Rin kepada Daily Star.

Wanita 35 tahun tersebut juga menambahkan bahwa dirinya sering kali mendapat pertanyaan apakah rambutnya asli atau tidak dan reaksi orang-orang terhadap keaslian rambutnya selalu bercampur aduk. Beberapa di antaranya sangat terkesan, namun beberapa yang lain berpendapat bahwa rambut panjang miliknya berlebihan.

Selain itu, dirinya juga sering kali mendapat komentar yang penuh kebencian di media sosialnya karena penampilannya yang tidak biasa. Rin menyatakan bahwa dirinya telah belajar untuk menerima bahwa setiap orang memiliki hak untuk berpendapat.

“Aku pikir perbedaan opini di dunia ini sangatlah wajar dan jika aku tidak percaya pada diriku sendiri maka aku akan tenggelam dalam pikiran negatif tersebut. Aku selalu berusaha untuk menerima pendapat orang lain. Tetapi, apapun itu aku selalu senang ketika orang lain tertarik kepadaku karena aku akan mengubahnya menjadi kekuatan yang akan membuatku bersinar dengan caraku sendiri,” pungkas Kim kepada Daily Star.

Terlepas dari kritik yang dialaminya, Rin Kambe berpendapat bahwa rambutnya adalah ‘sebuah kecantikan’ dan tidak ada rencana untuk memotongnya dalam waktu dekat. Rambutnya telah menjadi ‘senjata ekspresi’ untuknya dan dirinya juga bahkan telah menemukan cara untuk memanfaatkannya dalam rutinitas menarinya. 

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru