Tak Ada yang Muncul, Kisah Guru Susah Payah Buat Kelas Online Ini Bikin Nyesek!

Pangestu Abi

Perubahan kebiasaan di bidang pendidikan tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi hampir di seluruh dunia. Kelas pun kini dipindah dari yang sebelumnya di ruang kelas sekolah kini berada di ruang tamu, ruang kamar, atau bahkan ruang keluarga di rumah masing-masing. 

Namun, tak selamanya, ruang kelas online tersebut dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah hasil unggahan akun Twitter @skinleas yang menceritakan pengalaman sedih ayahnya sebagai guru. 

Dalam unggahan tersebut, akun Twitter @skinleas menceritakan tentang pengalaman ayahnya ketika menggelar kelas online melalui aplikasi Zoom. 

"Kasihan Abi, dia buat kelas (tapi) murid-muridnya tak seorang pun yang masuk. Sampai Abi terpaksa menelepon mereka satu per satu," tulis @skinleas. 

Diceritakan bahwa sang ayah telah menunggu murid-muridnya untuk bergabung dengan kelas online pada pukul 08.30. Namun, setelah 30 menit berlalu, murid-muridnya tak kunjung bergabung dengannya di aplikasi zoom tersebut. 

Dalam unggahan berbentuk utas tersebut, akun @skinleas juga memperlihatkan potret ayahnya yang dengan setia dan sabar menunggu kedatangan murid-muridnya dengan terus menatap ke laptop. 

Bahkan, sanga ayah diceritakan juga berusaha untuk menghubungi murid-muridnya. Namun, ternyata respons yang diterimanya begitu menyakitkan. Sejumlah alasan dikemukakan oleh murid-muridnya, bahkan ada juga yang sengaja mematikan teleponnya ketika dihubungi. 

Melihat situasi yang dialami sang ayah, akun @skinleas mencoba meringankan kesedihan sanga ayah dengan bergabung di kelas online tersebut. 

"Aku akan menyenangkan abi. Aku yang gabung ke kelas abi. Kelihatan abi senyum dikit," tambah @skinleas. 

Padahal, sebelumnya, sang ayah telah bersemangat untuk mempersiapkan kelas onlinenya tersebut. Sang ayah pun juga antusias untuk belajar cara menggunakan aplikasi Zoom dan Google Meet. 

Tak pelak, unggahan akun @skinleas ini pun mendapat perhatian dari sejumlah warganet. 

"Tolong share link, aku mau bergabung!" balas akun @ieydazmn.

"Saya masuk Google Meet telat dua menit saja sudah gelisah. Hmmm semoga adik-adik ini semua bisa tetap bahagia sampai tamat ya," balas akun @thefarihaamin.

Hingga kini, unggahan akun Twitter @skinleas tersebut telah diritwit lebih dari 15 ribu kali dan disukai lebih dari 32 ribu kali 

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru