Dijadikan Topeng Hiper Realistik, Perusahaan Ini Beli Wajahmu Seharga Rp5 Juta! 

Pangestu Abi

Jika kamu membutuhkan uang sekitar Rp5 juta, maka kamu bisa menjual wajahmu kepada perusahaan ini!

Sebuah perusahaan Jepang memberikan tawaran untuk membeli hak dari wajah seseorang agar kemudian dapat dijual kembali dalam bentuk hiper topeng wajah hiper realistik. 

Sejak Kamenya Ometo, sebuah toko dan pembuat topeng yang berbasis di Tokyo, mengumumkan keinginannya untuk membeli hak wajah dari seseorang sebesar USD 380 atau sekitar Rp5,3 juta, perusahaan ini mendapatkan banyak sekali tawaran. 

Perusahaan tersebut ingin mereproduksi wajah orang dalam bentuk topeng hiper realistik dan kemudian menjualnya kembali dengan harga sekitar USD 940 atau sekitar Rp13,2 juta. Jika topeng tersebut ternyata banyak yang suka, maka orang yang dibeli haknya tadi juga akan mendapatkan sekian persen dari keuntungan topeng tersebut.  

Beli hak wajah untuk dijadikan topeng. (odditycentral.com)

Proyek kontroversial, bernama "That Face", tersebut bertujuan untuk memberikan sentuhan fiksi ilmiah pada pasar jual-beli wajah.

Di era dimana keamanan data pribadi menjadi sangat penting dari yang lain, konsep dari menjual hak wajah untuk sebuah keuntungan terasa sangat tidak wajar, tetapi melihat respons yang diterima oleh Kamenya Omoto pada bulan lalu, penjualan data pribadi di sisi lain juga menjadi suatu hal yang populer. 

Setelah mengumumkan rencana untuk membeli hak wajah orang dalam proyek ‘That Face’ nya, Kamenya Omoto dibanjiri dengan berbagai tawaran hingga pertanyaan tentang proyek tersebut. Yang akhirnya, membuat perusahaan tersebut harus memilih hak wajah yang akan dibeli dari sebuah lotre. Padahal proyek tersebut khusus diperuntukkan di aderah Tokyo saja. 

Siapapun yang berusia lebih dari 20 tahun dan berdomisi di Tokyo, Jepang, dapat mendaftar untuk menjual hak wajahnya, tetapi perusahaan memberikan aturan yang sangat jelas bahwa orang yang terpilih tidak boleh mengungkapkan identitasnya. 

Pembuat masker juga setuju untuk tidak mengungkapkan kemiripan atau informasi  pribadi ke siapapun di luar proses pembuatan. 

Sedangkan pembeli yang tertarik untuk memakai wajah orang lain sebagai topeng dapat mulai melakukan pemesanan di toko Kamenya Omoto. Sedangkan untuk opsi wajah lainnya akan segera diumumkan oleh perusahaan. 

“Kita akan membeli dan menjual wajahmu. Sebuah cerita fiksi ilmiah sekarang telah menjadi kenyataan. Tidak ada orang yang tahu apa yang akan terjadi pada sebuah dunia yang dipenuhi penuh dengan wajahmu,” penjelasan Kamenya Omoto dalam websitenya. 

Sebelumnya sebuah perusahaan asal Jepang lainnya juga pernah menawarkan pembuatan topeng wajah hiper realistik pada tahun 2011 lalu. Namun, dengan harga per topeng yang mencapai USD 4 ribu atau sekitar Rp56,5 juta, maka perusahaan yang bernama REAL-f tersebut tak pernah mewujudkannya. 

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru