Ini Dia Beberapa Referensi Lagu Iwan Fals Yang Tak Lekang Oleh Waktu Untuk Didengarkan

Wulandari Astiani

Virgiawan Listanto atau yang lebih dikenal dengan Iwan Fals ini lahir di Jakarta, 3 September 1961 yang lahir dari pasangan Lies Suudijah dan alm Kolonel Anumerta Sucipto yang merupakan petinggi di pabrik gula kalibagor, Jawa Tengah.

Iwan Fals menikasih Rosana yang akrab disapa dengan panggilan “Mbak Yos” pada tahun 1980. Dari pernikahan tersebut pasangan ini dikaruniai 3 orang anak diantaranya yaitu Alm Galang Rambu Anarki yang lahir pada 1 Januari 1982 dan meninggal pada April 1997, Annisa Cikal Rambu Bassae yang lahir pada tahun 1985, dan Raya Rambu Rabbani yang lahir pada 22 Januari 2003.

Iwan Fals mempunyai genre musik pop, rock, country, dan folk pop. Kebanyakan lagu yang Iwan Fals buat menceritakan tentang masa-masa kelam era 1970-1980-an di bidang politik. Dirinya adalah seorang penyanyi, musisi, pencipta lagu dan kritikus yang legendaris di Indonesia. Iwan Fals mempunyai  beberapa nama Fanbase diantaranya yaitu Ormas Oi (Oi), Fals Mania FC-SI (Fama), Komunitas Tiga Rambu (k3R).

Tidak semua album yang dikeluarkan oleh Iwan Fals ini berisi lagu baru. Pada tahun-tahun terakhir Iwan Fals sering merilis ulang lagu-lagu lamanya, baik dengan aransemen asli maupun diaransemen ulang. Pada tahun-tahun terakhir ini Iwan Fals juga sering berkolaborasi dengan musisi muda berbakat.

Berikut beberapa referensi lagu Iwan Fals yang tak lekang oleh waktu untuk didengarkan :

1. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals –Ibu Yang Menggambarkan Pengorbanan Seorang Ibu

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Ibu ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1988 yang berjudul 1910 (diucapkan: sembilan belas-sepuluh). Judul album ini bukan mengacu pada tahun 1910 namun merupakan kependekan dari 19 Oktober 1987, yaitu tanggal yang mengisi catatan tragedi bagi perkeretaapian Indonesia saat terjadinya tragedi Bintaro.

Lagu ini bercerita tentang perjuangan seorang ibu. Dilirik lagu ini menunjukkan bahwa ia sangat saying dan menghargai sekali bagaimana pengorbanan seorang ibu yang tak kenal lelah dan tak pernah mengeluh kepada siapa pun.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Ibu

 

2. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Guru Oemar Bakrie Yang Bercerita Tentang Guru Tahun 70-80an

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Bapak Oemar Bakrie ini merupakan salah satu single dari salah satu album professional Iwan Fals yang pertama yang berjudul Sarjana Muda. Album ini dirilis pada bulan September 1981 salah satu single hits dari album tersebut adalah Bapak Oemar Bakrie.

Lagu Bapak Oemar Bakrie ini bercerita tentang guru pada tahun 1914-1998 seorang guru yang old-fashioned yang harus berhadapan dengan dinamika kehidupan sekolah di kota besar.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Bapak Oemar Bakrie

 

3. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Galang Rambu Anarki Yang Menyinggung Kenaikan BBM

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Galang Rambu Anarki ini merupakan salah satu single dari salah satu album milik Iwan Fals yang berjudul Opini yang dirilis pada tahun 1982. Lagu ini diambil dari nama anaknya yaitu Galang Rambu Anarki, lagu ini menyentuh emosi setiap pendengarnya dengan mengambil momen kenaikan harga BBM yang dianggap tinggi pada saat itu bersamaan dengan kelahiran putra pertamanya yaitu Galang Rambu Anarki. Lagu ini dirasa mewakili perasaan rakyat pada saat itu sehingga saat album ini beredar dipasaran lagu ini langsung meledak.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Galang Rambu Anarki

 

4. Tak Sempat Menyatakan Perasaan Ke Doi? Lirik Lagu Iwan Fals – Ijinkan Aku Menyayangimu Ini Cocok Banget Untuk Ngekode

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Ijinkan Aku Menyayangimu ini merupakan salah salah satu single dari salah satu album musik studio karya Iwan Fals yang berjudul Iwan Fals in Love. Album ini dirilis pada 1 Mei 2005.

Album ini berisikan 16 buah lagu yang bertemakan percintaan bukan seperti album sebelumnya karya Iwan Fals yang meneritakan tentang politik. Ijinkan Aku Menyayangimu ini merupakan salah satu single hits dari album tersebut dan sempat dijadikan soundtrack sinetron Cincin.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Ijinkan Aku Menyayangimu

 

5. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Manusia Setengah Dewa Yang Menggambarkan Masa Kelam Era 70-80an

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Manusia Setengah Dewa ini merupakan Singel utama dari album milik Iwan Fals Manusia Setengah Dewa yang dirilis pada tahun 2004. Lirik lagu manusia setengah dewa menggambarkan tentang pemerintahan dan juga banyak menggambarkan suasana politik pada masa itu. Jika pemerintahan benar maka Presiden dan DPR akan dilayani oleh rakyat layaknya dewa.

Selain itu album ini juga sedikit kontroversial dengan adanya protes dari penganut agama Hindu yang menganggap judul dan cover album tersebut menyinggung perasaan umat beragama Hindu.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Manusia Setengah Dewa

 

6. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Ujung Aspal Pondok Gede Yang Menggambarkan Kejahatan Pemodal dan Negara

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Ujung Aspal Pondok Gede ini merupakan salah satu single dari album Sore Tugu Pancoran yang dirilis pada tahun 1985. Lagu ini bercerita yang menggambarkan bahwa dusun ujung aspal pondok gede pada mulanya lingkungan yang sangat asri masih banyak pohon yang rindang, tidak ada gedung pencakar langit, polusi udara, apalagi limbah pabrik.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Ujung Aspal Pondok Gede

 

7. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Surat Buat Wakil Rakyat Yang Sempat Dicekal Pemerintah

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Surat Buat Wakil Rakyat ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1987 dan musiknya dikerjakan oleh Bagoes A.A yang berjudul Wakil Rakyat.

Album ini meledak di pasaran menjelang saat pemilihan umum karena salah satu lagunya yaitu Surat Buat Wakil Rakyat yang mengisahkan wakil rakyat yang suka tidur pada saat siding dianggap menghina penjabat Negara. Karena hal itu, lagu ini pun sempat dicekal tidak boleh ditayangkan di televisi karena dianggap menggangu stabilitas politik.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Surat Buat Wakil Rakyat

 

8. Godain Doi? Lirik Lagu Iwan Fals – Mata Indah Bola Pingpong Ini Cocok Banget

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Mata Indah Bola Pingpong ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1987 dan musiknya dikerjakan oleh Bagoes A.A.

Lagu ini berkisah tentang seorang pria yang sedang menggoda seorang wanita cantik yang bermata indah.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Mata Indah Bola Pingpong

 

9. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Kumenanti Seorang Kekasih Yang Pass Baget Untuk Ngegombal Ke Gebetan

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Kumenanti Seorang Kekasih ini merupakan salah satu single dari salah satu album musik kompilasi karya Iwan Fals yang dirilis pada tahun 2000 dengan judul Best Of the Best Iwan Fals. Lagu utama dari album ini adalah single Kumenanti Seorang Kekasih dan Entah.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Kumenanti Seorang Kekasih

 

10. Ini Dia Lirik Lagu Iwan Fals – Sugali Yang Menceritakan Preman Pada Tahun 80-an

Gambar ini diambil dari akun official @iwanfals (Instagram)

Sugali ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1984 yang dikerjakan bersama Chilung Ramali yang berdujul Sugali. Lagu Sugali ini bercerita tentang kisah seorang preman yang menjadi target penembakan sasaran misterius yang marak pada dekade 80-an.

Sugali sendiri adalah gali (gabungan anak liar) yang merupakan sebutan preman pada waktu itu. Kelompok ini sering disebut sebagai pengacau keamanan didalam bermasyarakat.

Berikut lirik lagu Iwan Fals – Sugali

Itu dia beberapa referensi lagu Iwan Fals yang tak lekang oleh waktu. Bagaimana sudah dibuat nostalgia belum dengan lagu-lagu diatas?

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru