5 Lagu Daerah Papua Ini Dijamin Bisa Buat Kamu Menari dan Tambah Semangat!

Normalita Vinska

Lagu-lagu yang berasal dari daerah Papua memang sebagian dari beberapanya sudah sering kalian dengar ya, seperti contohnya lagu Yamko Rambe Yamko dan juga lagu lainnya, yakni Sajojo. Lagu tersebut memang sudah lumrah di telinga masyarakat Indonesia guys, karena lagunya sering digunakan untuk melakukan olahraga senam sehat.

Tidak hanya lagu-lagu yang sering digunakan untuk mengiringi senam, lagu lain dari Papua juga banyak yang enak untuk didengarkan lho guys, seperti lagu yang berjudul ‘E Mambo Simbo’ lagu ini tuh bisa banget bikin nyaman telinga dan membuat kalian tambah semangat.

Kalo gitu gak usah panjang lebar lagi untuk penjelasannya nih guys, karena kita langsung mau berkenalan dengan lagu daerah Papua di bawah ini:

1. Yamko Rambe Yamko

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@brewbottle)

Pasti kalian sudah pernah mendengar lagu yang berasal dari Papua ini kan? Ya, lagu ‘Yamko Rambe Yamko’ memang sering dinyanyikan oleh anak-anak pramuka guys. Lagu ini juga diajarkan pada anak-anak yang masih duduk di pendidikan sekolah dasar atau SD dan juga sekolah menengah pertama atau SMP.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Yamko Rambe Yamko

2. E Mambo Simbo

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@vikachartier)

Lagu ‘E Mambo Simbo’ ini adalah lagu yang terbilang sebagai simbol dari rasa kegembiraan masyarakat kampung yang ada di Papua atas kembalinya Mambo. Jika kalian bertanya-tanya siapa itu Mambo, Mambo adalah seorang anak Papua yang diceritakan pada lagu ‘E Mambo Simbo’.

Jika kalian dengarkan dilagu ini memang terdengar adanya alat musik perkusi dan petikan gitar yang akan membuat kalian terbawa dalam luapan kegembiraan lagunya.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘E Mambo Simbo

3. Apuse

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@adliwahid)

‘Apuse’ bercerita tentang seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya untuk pergi ke Teluk bernama Doreri untuk merantau. Lagu ini memang diketahui belum memiliki banyak ceritanya guys.

Masih dari daerah Papua, lagu ‘Apuse’ ini diketahui diciptakan oleh salah seorang yang berasal dari Jayapura, namun tidak ada yang tahu pasti siapa nama penciptanya.

Berikut ini adaalh lirik dan lagu ‘Apuse

4. Paik Akori

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@adliwahid )

Lagu ‘Paik Akori’ yang sudah diunggah oleh kanal YouTube tersebut terdengar alunan musiknya yang menggunakan aliran Reggae, video liriknya pun memiliki durasi putar sepanjang 4:29 menit.

Lagu ‘Paik Akori’ yang dikenal sebagai lagu yang berasal dari Papua memang sudah tidak asing lagi buat masyarakat daerah Papua ya guys. Tidak banyak berita tentang lagu ini sih guys, saat dicari di search engine Google juga berita yang muncul tentang lagu ini tidak banyak.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Paik Akori

5. Sajojo

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@smallcamerabigpictures)

Lagu ‘Sajojo’ ini menceritakan tentang seorang gadis cantik yang menjadi kembang desa di lingkungannya, gadis ini amat disayangi oleh orang tuanya. Karena kecantikan yang dimilikinya, gadis ini menjadi wanita yang dikagumi dan dikejar-kejar oleh kaum adam.

Bocoran sedikit aja nih guys, bahwa tarian sajojo ini sering ditampilkan pada saat acara adat, budaya, ataupun hanya sekedar untuk hiburan aja lho.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Sajojo

Sudah mendengar lagu daerah Papua di atas kan guys? Jadi gimana nih udah tabah semangat belum untuk melakukan aktivitas kalian.

artikel terbaru