Berikut 7 Lagu Daerah Jawa Timur, Ternyata Banyak Berasal dari Madura dan Surabaya!

Normalita Vinska

Daerah Madura yang masih masuk dalam wilayah Jawa Timur ini ternyata cukup banyak menyumbangkan lagu daerah untuk Jawa Timur lho guys. Karena kali ini kita akan membahas tentang lagu daerah yang berasal dari Jawa Timur yang hampir semuanya berasal dari daerah Madura.

Siapa nih di antara kalian yang sudah tahu lagu daerah yang berasal dari Jawa Timur? Salah satu lagu daerahnya yang paling terkenal adalah ‘Rek Ayo Rek’ dan ‘Tanjung Perak’ ya guys, lagu ini sudah dikenal sampai skala nasional lho. Kedua lagu tersebut pun diketahui berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur.

Dan berikut ini adalah lirik dan lagu daerah yang berasal dari Jawa Timur:

1. Rek Ayo Rek

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@tgrossen)

‘Rek Ayo Rek’ ini menceritakan tentang kegembiraan di kalangan anak muda guna menyambut malam minggu. Tujuan penulis lagu menciptakan lagu ini sebenarnya adalah untuk mengajak pendengarnya menjadi lebih mudah bergaul, dan melihat dunia luar dengan pikiran yang positif.

Lagu yang berasal dari Jawa Timur ini diciptakan oleh Is Haryanto yang merupakan seorang musisi dan juga penulis lagu asal Indonesia. Dituliskan dengan sederhana, tujuannya adalah jika lagu ‘Rek Ayo Rek’ diputar bisa membuat pendengarnya mudah untuk mencerna arti lagunya.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Rek Ayo Rek

2. Tanjung Perak

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@motomotosc)

Lagu ‘Tanjung Perak’ ini memang sudah terkenal di Nusantara ya guys, jadi bagi kalian yang bukan orang Jawa pasti sudah pernah mendengar lagu ini. Terlebih lagu lagu ‘Tanjung Perak’ ini adalah lagu Jawa Timur yang sangat populer.

Mendiang Didi Kempot adalah salah satu penyanyi yang membawakan lagu ini dengan versi Campursari, sedangkan lagu ‘Tanjung Perak’ yang dipopulerkan oleh Waljinah dibawakannya dengan versi Keroncong.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Tanjung Perak

3. Bapak Tane

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@sandyzebua)

Jika kalian dengarkan lagunya, ‘Bapak Tane’ ini memang menceritakan tentang seorang yang bekerja sebagai pertain ya guys.

Lagu ‘Bapak Tane’ yang berasal dari Jawa Timur ini dinyanyikan oleh seorang pria dan wanita. Pada bagian lirik pertama lagu ini dinyanyikan terlebih dahulu oleh sang pria sampai bait lagu kedua. Sedangkan bait lagu ketiga sampai akhir dinyanyikan oleh wanitanya.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Bapak Tane

4. Tondu’ Majang

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@dds_works)

Banyak orang yang menuliskan lagu ini dengan judul Tanduk Majeng, padahal ejaan judul yang benar pada lagu ini adalah ‘Tondu’ Majang’ karena kata Tondu’ sendiri berarti "datang" yang mengartikan tentang kedatangan nelayan dari perginya yang mencari ikan di laut.

Lagu Tondu’ Majang yang berasal dari Jawa Timur ini bercerita tentang kehidupan seorang nelayan yang berada di pesisir Madura, dimana kehidupan masyarakat pesisir Madura sangatlah keras karena harus berhadapan dengan banyak bahaya yang berada di laut.

By the way nih guys, lagu ‘Tondu’ Majang’ ini berasal dari daerah Madura yang merupakan lagu ciptaan R. Amiruddin Tjitrap.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Tondu’ Majang

5. Kembang Malathe

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@aliissinisalu)

Lebih tepatnya berasal dari daerah Madura, Jawa Timur, lagu ‘Kembang Malathe’ ini merupakan lagu yang menceritakan tentang keindahan suatu bunga. Lagu yang menjadi lagu yang berasal dari Jawa Timur ini diciptakan oleh Abd Moeid Qowy guys.

Lagu ini menggambarkan bunga melati yang memiliki bentuk yang indah dan juga segar alami, tidak hanya itu saja lagu ini juga menceritakan tentang aroma yang dimiliki bunga melati ini sangat semerbak harumnya dan banyak disukai banyak orang.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Kembang Malathe

6. Kerraban Sape

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@aceofnet)

‘Kerraban Sape’ yang berarti karapan sapi ini adalah adat yang sering dilakukan oleh masyarakat Madura, Jawa Timur. Dalam lagu ‘Kerraban Sape’ ini menceritakan tentang suatu perlombaan balap sapi yang sudah menjadi tradisi dari masyarakat Madura sejak lama.

Bagi masyarakat Madura sendiri Kerraban Sape ini adalah bentuk perwujudan rasa syukur masyarakat untuk kesuburan tanah yang dahulu tandus. Selain itu Kerraban Sape ini adalah lomba yang cukup bergengsi di Madura lho guys.

Berikut ini lirik dan lagu ‘Kerraban Sape

7. Lir Sa’alir

(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@anniespratt)

Tidak hanya sekedar lagu aja nih guys, lirik dari lagu ‘Lir Sa’lir’ ini juga dianggap sebagai lirik yang memiliki nilai kearifan yang cukup mendalam lho guys. Karena, lagu ‘Lir Sa’alir’ ini mengandung pesan untuk semua orang untuk selalu melakukan sesuatu yang sesuai dengan kemampuannya.

Rupanya lagu daerah Jawa Timur banyak yang berasal dari Madura ya guys, karena kali ini kita akan membahas lagu dari Madura, Jawa Timur yang berjudul ‘Lir Sa’alir’. Lagu daerah yang sering dinyanyikan saat anak-anak bermain ini memiliki lirik lagu yang begitu sederhana.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Lir Sa’alir

Gimana nih guys dengan lagu daerah Jawa Timur yang sudah kita rangkum di atas? Pastinya kalian sudah tau salah satunya kan, karena beberapa lagu daerah Jawa Timur di atas.

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral