Ini Dia Beberapa Referensi Lagu Jadul Tahun 80-an Karya Ebiet G. Ade Yang Akan Membuat Kita Merasakan Feel Berbeda

Wulandari Astiani

Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far atau yang lebih dikenal dengan nama Ebiet G. Ade adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Indonesia. Dirinya lahir di Wanadadi, Banjarnegara, Jawa Tengah, 21 April 1954.

Ada yang unik dari nama Ebiet G. Ade, nama tersebut diambil dari pengalamannya saat kursus Bahasa Inggris, sang guru yang merupakan orang asing kesulitan untuk memanggilnya ‘Abid’ Ghofar. Dengan logat bulenya, Abid selalu dipanggil dengan Ebiet karena dalam Bahasa Inggris ‘A’ dibaca ‘E’.

Lewat lagunya yang bergenre folk pop, country dan soft rock dan dikemas dalam format balada dirinya dikenal dengan lagu-lagunya yang bertemakan alam dan duka derita kelompok tersisih. Pada awal karirnya, ia memotret suasana kehidupan Indonesia pada akhir tahun 1970-an hingga sekarang.

Tidak hanya tentang cinta namun Ebiet G. Ade memberikan tema yang beragam pada sentuhan musiknya, seperti yang bertemakan alam, sosial-politik, bencana, religius, keluarga, dll. Sentuhan musik yang dia gunakan sempat mendorong pembaruan pada dunia musik pop di Indonesia.

Berikut ini beberapa referensi lagu-lagu jadul Ebiet G. Ade tahun 80-an versi Pararta.com :

1. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Camellia III, Siapakah Sosok Camellia Itu?

Gambar ini diambil dari akun official @ebiet_g_ade (Instagram)

Lagu Camellia III ini merupakan salah satu single dari salah satu album milik Ebiet G. Ade yang berjudul Camellia III yang merupakan album ketiga karyanya. Album ini berisikan 10 lagu di dalamnya dan dirilis pada tahun 1980 oleh Jackson Records dan direkam di Filipina.

Bukan hanya sekali namun sudah empat kali Ebiet G. Ade menyebutkan nama Camellia. Siapa Camellia yang sebenarnya? Dalam berbagai wawancara, Ebiet G. Ade kerap menyebut bahwa sosok Camellia dalam lagu-lagunya hanyalah imajinasi dan rekaan semata. Nama Camellia dijadikan judul lagu oleh dirinya hingga empat kali, dan masing-masing dari lagu tersebut memiliki keindahannya tersendiri.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Camellia III :

 

2. Memaknai Arti Menahan Kerinduan Dengan Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Sepucuk Surat Cinta

Gambar ini diambil dari salah satu adegan video klip Ebiet G. Ade - Sepucuk Surat Cinta diakun official Youtube / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

Lagu Sepucuk Surat Cinta ini merupakan salah satu single dari salah satu album milik Ebiet G. Ade yang berjudul Camellia III yang merupakan album ketiga karyanya. Album ini berisikan 10 lagu di dalamnya dan dirilis pada tahun 1980 oleh Jackson Records dan direkam di Filipina.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang menahan kerinduannya kepada sang kekasih karena terpisah oleh jarak. Dan dia pun bertanya dalam hati akan kah cinta ini abadi atau akan berakhir sama seperti sebelumnya.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Sepucuk Surat Cinta :

 

3. Stop Maksiat! Yuk Dengarkan Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Dosa Siapa Ini Dosa Siapa Yang Akan Membuat Kita Berfikir

Gambar ini diambil dari akun official @ebiet_g_ade (Instagram )

Lagu Dosa Siapa Ini Dosa Siapa merupakan salah satu single dari salah satu album milik Ebiet G. Ade yang berjudul Camellia III yang merupakan album ketiga karyanya. Album ini berisikan 10 lagu di dalamnya dan dirilis pada tahun 1980 oleh Jackson Records dan direkam di Filipina.

Lagu ini bercerita tentang bencana alam gunung meletus. Dalam liriknya terlihat sekali bahwa dirinya ingin mengatakan jangan berbuat maksiat karna yang akan terkena dampaknya bukan hanya yang berbuat maksiat namun semua orang yang berada di sekelilingnya.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Dosa Siapa Ini Dosa Siapa :

 

5. Mengingatkan Kita Kepada Tuhan, Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – KepadaMu Aku Pasrah

Gambar ini diambil dari salah satu cuplikan adegan video klip Ebiet G. Ade - KepadaMu Aku Pasrah dalam akun official Youtube / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

KepadaMu Aku Pasrah ini merupakan salah satu album kompilasi karya Ebiet G. Ade. Single KepadaMu Aku Pasrah ini masuk kedalam album yang berjudul Kumpulan Lagu-Lagu Religius.

Lagu ini dapat menguatkan jiwa di kala kita sedang lemah dan dirundung oleh banyaknya masalah. Liriknya yang mengajak kita untuk selalu dekat dengan Tuhan. Karena semua yang terjadi kepada kita sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Hanya dengan berpegang teguh dengan firman-Nya lah kita tidak akan tersesat.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – KepadaMu Aku Pasrah :

 

5. Setelah Vakum Selama 5 Tahun, Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Kupu-Kupu Kertas Yang Memiliki Nuansa Rock

Gambar ini diambil dari salah satu cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Kupu-Kupu Kertas dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Kupu-Kupu Kertas ini adalah album ke-13 karya Ebiet G. Ade yang dirilis pada tahun 1995 dengan judul yang sama yaitu “Kupu-Kupu Kertas” berisikan 11 lagu di dalamnya, album ini adalah album pertama yang Ebiet G. Ade keluarkan setelah vakum 5 tahun dari dunia belantika musik Nusantara.

Pada lagu Kupu-Kupu Kertas nuansa rock terdengar sangat kental karena sentuhan tangan musisi rock legendaris yaitu Ian Antono. Lagu ini juga pernah menjadi tema lagu untuk sinetron dengan nama yang sama yaitu “Kupu-Kupu Kertas”. Karena kesuksesan lagu ini, Ebiet G. Ade mendapatkan penghargaan Penyanyi Terbaik Anugerah Musik Indonesia pada tahun 1997.

Kupu-Kupu Kertas ini bercerita tentang seseorang yang mengharapkan cinta yang tidak mungkin didapatkan.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Kupu-Kupu Kertas :

 

6. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Jakarta II Yang Berkisah Tentang Kejamnya Ibu Kota

Gambar ini diambil dari salah satu cuplikan video klip Ebiet G. Ade dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

Lagu Jakarta II adalah salah satu album keempat karya Ebiet G. Ade yang dikeluarkan dari perusahaan rekaman Jackson Records pada tahun 1980, dengan judul Camellia 4. Camelia 4 ini adalah album terakhir Ebiet G. Ade menggunakan nama Camellia.

Seperti yang kita ketahui, dalam berbagai wawancara Ebiet G. Ade kerap menyebut bahwa sosok Camellia dalam lagu-lagunya hanyalah imajinasi dan rekaan semata. Nama Camellia dijadikan judul lagu oleh dirinya hingga empat kali, dan masing-masing dari lagu tersebut memiliki keindahannya tersendiri.

Album Camellia 4 ini berisikan 10 lagu di dalamnya yag diaransemen secara pop, country, dan juga akustik. Dalam lagu Jakarta II ini aransemen musik akustik sangat kental terdengar. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang dari desa yang pindah ke Jakarta dan dengan terpaksa hidup tidak menentu di sana karena kerasnya kehidupan di Ibu Kota Jakarta.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Jakarta II :

 

7. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Dua Menit Ini Misteri, Yang Dikabarkan Menjadi Sekuel Lagu Camellia

Gambar ini diambil dari cuplikan adegan video klip Ebiet G. Ade - Dua Menit Ini Misteri dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Dua Menit Ini Misteri adalah salah satu album keempat karya Ebiet G. Ade yang dikeluarkan dari perusahaan rekaman Jackson Records pada tahun 1980, dengan judul Camellia 4. Camelia 4 ini adalah album terakhir Ebiet G. Ade menggunakan nama Camellia.

Seperti yang kita ketahui, dalam berbagai wawancara Ebiet G. Ade kerap menyebut bahwa sosok Camellia dalam lagu-lagunya hanyalah imajinasi dan rekaan semata. Nama Camellia dijadikan judul lagu oleh dirinya hingga empat kali, dan masing-masing dari lagu tersebut memiliki keindahannya tersendiri.

Dua Menit Ini Misteri adalah lagu terpendek yang pernah dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade dari semua lagunya, karena hanya berdurasi 2 menit 32 detik. Lagu ini pun disebut-sebut sebagai salah satu sekuel dari lagu “Camellia”.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Dua Menit Ini Misteri :

 

8. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Cinta di Kereta Biru Malam Yang Terdengar Erotis

Gambar ini diambil dari cuplikan adegan video klip Ebiet G. Ade - Cinta di Kereta Biru Malam dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

Lagu Cinta di Kereta Biru Malam ini merupakan salah satu single dari album studio kedua karya Ebiet G. Ade yang dirilis pada tahun 1979, dengan judul Camellia II dan album ini berisikan 10 lagu di dalamnya.

Lagu ini bercerita tentang pertemuan seorang pria dan wanita dalam sebuah bangku kereta api eksekutif Bima (Biru Malam) jurusan Jakarta – Surabaya. Di dalam liriknya, Ebiet memasukkan idiom yang erotis.

Berikut ini lirik lagu Ebiet G. Ade – Cinta di Kereta Biru Malam :

 

9. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Sebuah Tragedi 1981, Yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata Kapten Abdul Rivai

Gambar ini diambil dari cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Sebuah Tragedi 1981 dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Sebuah Tragedi 1981 ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Ebiet G. Ade. Album tersebut berjudul Langkah Berikutnya yang merupakan album studio musik ke-5 yang dirilis pada 1982.

Lagu Sebuah Tragedi 1981 ini tercipta dari musibah yang dialami oleh KMP Tampomas II di perairan Masalembo pada 27 Januari 1981. Lagu itu sendiri terinspirasi dari heroisme Kapten Abdul Rivai, nahkoda kapal nahas yang lebih memikirkan keselamatan orang lain dari pada dirinya sendiri, saat sebagian ABK menyelamatkan diri. Lagu ini dibuka dengan aransemen musik konser yang dibuat atas permintaan puteri Kapten Abdul Rivai.

Berikut ini lirik lagu Ebiet G. Ade – Sebuah Tragedi 1981 :

 

10. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Ayah, Aku Mohon Maaf, Yang Membuat Pendengarnya Ikut Merasa Sendu

Gambar ini diambil dari salah satu cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Ayah, Aku Mohon Maaf dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Ayah, Aku Mohon Maaf ini merupakan salah satu single dari album studio ke-8 karya Ebiet G. Ade yang dirilis pada 1985 oleh Jackson Records. Album berjudul Zaman ini di rekam di label rekaman Capitol Records, Amerika Serikat, dengan melibatkan musikus ternama seperti Addie M.S dan Dodo Zakaria beserta beberapa musikus dari Amerika Serikat.

Lagu ini bercerita tentang kesedihan Ebiet G. Ade atas meninggalnya sang ayah yaitu Aboe Dja’far. Album ini penuh dengan lagu-lagu yang berirama sendu. Namun, masih ada beberapa yang berirama country.

Berikut ini lirik lagu Ebiet G. Ade – Ayah, Aku Mohon Maaf :

 

11. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Opera Tukang Becak Yang Menceritakan Kembali Betapa Tidak Ramahnya Ibu Kota

Gambar ini diambil dari cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Opera Tukang Becak dari akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Opera Tukang Becak ini merupakan salah satu single album studio ke-9 karya Ebiet G. Ade. Album berjudul Isyu! Ini dirilis pada tahun 1986 yang merupakan album terakhir Ebiet yang direkam di Jackson Records.

Lagu ini bercerita tentang kisah tukang becak yang terpaksa kehilangan pekerjaannya dan kembali ke desanya karena becaknya harus ditenggelamkan di Kepulauan Seribu untuk dijadikan terumbu karang.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Opera Tukang Becak :

 

12. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Cinta Sebening Embun, Yang Bercerita Tentang Sucinya Cinta

Gambar ini diambil dari cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Cinta Sebening Embun dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

Lagu Cinta Sebening Embun ini merupakan salah satu single album studio ke-9 karya Ebiet G. Ade. Album berjudul Isyu! Ini dirilis pada tahun 1986 yang merupakan album terakhir Ebiet yang direkam di Jackson Records. Dalam album ini terdalam 10 lagu.

Lagu ini bercerita tentang sucinya cinta, yang akan diaransemen ulang 9 tahun kemudian, dan versi yang banyak dikenal publik adalah versi aransemen ulang tersebut yang digarap oleh Adi Adrian dan KLa Project.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Cinta Sebening Embun :

 

13. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade – Masih Ada Waktu, Yang Bercerita Tentang Tragedi Bintaro 1987

Gambar ini diambil dari cuplikan video klip Ebiet G. Ade - Masih Ada Waktu dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (YouTube)

Lagu Masih Ada Waktu ini merupakan salah satu single dari album studio ke-11 karya Ebiet G. Ade yang memiliki 10 single di dalamnya. Album yang berjudul Sketsa Rembulan Emas ini dirilis pada tahun 1988 oleh EGA Records dan juga Atlantic Records Ind.

Lagu ini bercerita tentang Tragedi Bintaro pada tahun 1987, dan lagu ini pun diputar saat terjadi bencana di Indonesia. Tidak seperti album-album sebelumnya, album ini tidak menampilkan kehidupan kelompok masyarakat tertentu seperti pengemis, petani, narapidana, urban, pengangguran, dsb.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade – Masih Ada Waktu :

 

14. Ini Dia Lirik Lagu Ebiet G. Ade - Nyanyian Bumi Seberang (Bona ni Pasogit), Yang Menceritakan Keindahan Danau Toba

Gambar ini diambil dari cuplikan adegan video klip lagu Ebiet G. Ade - Nyanyian Bumi Seberang (Bona ni Pasogit) dalam akun official / Ebiet G Ade Musica Official (Youtube)

Lagu Nyanyian Bumi Seberang (Bona ni Pasogit) ini merupakan salah satu single dari salah satu album studio ke-7 karya Ebiet G. Ade. Album yang dirilis pada tahun 1984 ini memiliki judul yang sama dengan tahun peluncuran album tersebut yaitu 1984.

Album ini memotret keindahan Danau Toba. Namun, tidak seperti album-album sebelumnya penjualan album ini tidak begitu bagus. Lagu hit dalam lagu ini hanya Bingkai Mimpi, tidak seperti album sebelumnya yang banyak mengeluarkan hits.

Berikut lirik lagu Ebiet G. Ade - Nyanyian Bumi Seberang (Bona ni Pasogit) :

 

15. Chord Ebiet G. Ade – Untuk Kita Renungkan Menjadi Karyanya Paling Terkenal

Chord Ebiet G. Ade – Untuk Kita Renungkan Menjadi Karyanya Paling Terkenal (gambar ini diambil dari Instagram @ebiet_g_ad)

Dari 25 album studio dan 25 album kompilasi yang sudah dimilikinya itu terdapat lagunya yang bertajuk “Untuk Kita Renungkan” yang dinyanyikan bersama Adera ini adalah salah satu karyanya dari Ebiet G. Ade yang paling terkenal, lagu ini pun sudah dirilisnya pada tahun 1982.

Kalo gitu gak usah panjang lebar lagi, berikut ini adalah chord ‘Untuk Kita Renungkan’:

 

Nahhh itu dia beberapa referensi lagu jadul tahun 80-an.. Gimana sudah berada ke dimensi jadulnya belum?

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral