Ini Dia 15 Referensi Lagu Sedih Yang Bisa Menemanimu Versi Pararta.com

Wulandari Astiani

Pada saat kita sedang sedih karena patah hati atau depresi mendengarkan lagu adalah jalan terbaik yang dapat kita pilih. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports mengatakan, bahwa pada saat menangis lalu mendengar lagu sedih yang kita sukai akan membuat hati terasa lega dan perasaan pun menjadi lebih baik.

Sedangkan menurut peneliti Kazuma Mori dan Makoto Iwanaga, partisipan yang menangis saat mendengar lagu sedih akan merasakan kombinasi perasaan sedih, kepuasan, dan merasa tenang secara psikologis.

Pada kesempatan kali ini Pararta ingin memberi 15 referensi lagu sedih yang mungkin akan relate banget dengan keadaan kamu.

1. Ini Dia Lirik Lagu Putri Delina – Menahan Rasa Sakit, Kisah Sedih Terjebak Dalam Friendzone

Gambar ini diambil dari akun official @putridelinaa (Instagram)

Lagu Menahan Rasa Sakit ini merupakan salah satu single karya Putri Delina yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Lagu karya Putri Delina ini terinspirasi dari kisah cinta yang pernah dialaminya dahulu.

Lagu ini bercerita tentang menjalani hubungan layaknya sepasang kekasih dengan sahabatnya namun tidak ada kejelasan, atau yang lebih dikenal dengan friendzone. Pada akhirnya harus menahan rasa sakit karena sang sahabatnya tersebut memutuskan untuk menjalin kasih dengan wanita lain.

Berikut ini lirik lagu Putri Delina – Menahan Rasa Sakit :

 

2. Ini Dia Lirik Lagu Maudy Ayunda – Kamu dan Kenangan, Yang Terinspirasi Dari Kisah Cinta Habibie & Ainun

Gambar ini diambil dari akun official @maudyayunda (Instagram)

Lagu Kamu dan Kenangan ini merupakan single karya Maudy Ayunda, yang mengisi soundtrack untuk film “Habibie Ainun 3”. Lagu ini diciptakan oleh Melly Goeslaw yang terinspirasi dari kisah cinta sejati B.J Habibie dan sang istri tercinta Hasri Ainun Besari.

Lagu ini dirilis pada tahun 2019. Karena kesuksesannya, lagu ini pun berhasil mendapatkan nominasi AMI Award untuk Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik dan Piala Maya untuk Lagu Tema Terpilih.

Berikut lirik lagu Maudy Ayunda – Kamu dan Kenangan :

 

3. Sedih, Lirik Lagu Terry Shahab – Di Persimpangan Dilema, Yang Bercerita Tentang Kebimbangan Hati Perempuan

Gambar ini diambil dari akun official @missterryous_shahab (Instagram )

Di Persimpangan Dilema ini dinyanyikan oleh Terryana Fatiah Shahab atau yang lebih dikenal dengan Terry Shahab. Terry lahir di Jakarta, 14 Juni 1984, dirinya adalah seorang penyanyi asal Indonesia yang memiliki keturunan Belanda, Arab, dan Minangkabau.

Lagu Di Persimpangan Dilema merupakan salah satu single milik Terry yang dirilis pada tahun 2017. Lagu ini bercerita tentang kisah seorang perempuan yang sedang berada dalam kondisi bimbang dan harus memilih untuk pergi atau bertahan.

Berikut ini lirik lagu Terry Shahab – Di Persimpangan Dilema :

 

4. Ini Dia Lirik Lagu Anneth – Tetap Untukmu, Bikin Siapapun Yang Mendengarnya Ikut Bersedih

Gambar ini diambil dari akun official @anneth.dlc (Instagram)

Tetap Untukmu ini dinyanyikan oleh seorang penyanyi asal Manado, kelahiran Balikpapan, 18 Oktober 2005 yaitu Anneth Delliecia Nasution. Dirinya merupakan juara dari ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol Junior Musim Ketiga pada tahun 2018.

Lagu Tetap Untukmu ini merupakan salah satu single karya Anneth yang dirilis pada 31 Agustus 2019 di akun official youtube RANS Entertainment. Lagu ini bercerita tentang perasaan seseorang yang sedang merindukan masa lalunya.

Berikut lirik lagu Anneth – Tetap Untukmu :

 

5. Lirik Lagu Rindu Tak Bersuara – Alffy Rev ft Feby Putri,Membuat Pendengarnya Terbawa Suasana Rindu yang Sendu

Gambar ini diambil dari akun official @alffy_rev (Instagram)

Rindu Tak Bersuara ini dinyanyikan oleh Feby Putri, perempuan kelahiran Makassar 5 Februari 2000 ini memulai karirnya dari mengcover lagu-lagu dan banyak masyarakat yang menyukai suara perempuan berumur 20 tahun itu.

Lagu Rindu Tak Bersuara ini dirilis pada Sabtu, 19 Oktober 2019 dan lagu ini pun berhasil menjadi sorotan para pecinta musik Indonesia. Lagu ini digarap langsung oleh produser musik sekaligus cinematographer, Alffy Rev. Terbukti dari keberhasilan lagu kolaborasi ini memasuki trending youtube di Indonesia.

Lagu Rindu Tak Bersuara ini memiliki video klip yang bisa dibilang cukup seram. Lagu dan video ini menggambarkan rasa rindu terhadap seseorang yang dicintai namun orang tersebut telah tiada. Hal itu jelas tergambarkan pada sosok pria yang terlihat kaku dan diam.

Berikut lirik lagu Alffy Rev ft Feby Putri – Rindu Tak Bersuara :

 

6. Ini Dia Lirik Lagu Seventeen – Kemarin Yang Relate Dengan Kisah Nyata Sang Vokalis dan Band Seventeen

Gambar ini diambil dari akun official @ifanseventeen (Instagram)

Lagu Kemarin ini merupakan salah satu single dari album studio terakhir karya Seventeen yang berjudul “Pantang Mundur”. Album ini dirilis pada 31 Maret 2016 dengan berisikan 13 lagu di dalamnya.

Lagu yang diciptakan berdasarkan kisah nyata sang gitaris Herman Sikumbang tersebut bercerita tentang, curahan hatinya saat kehilangan orang yang paling berarti dalam kehidupannya. Lagu ini diakui banyak orang sebagai tanda-tanda kematian.

Berikut lirik lagu Seventeen – Kemarin :

 

7. Ini Dia Lirik Lagu Tulus – Langit Abu-Abu, Bercerita Tentang Kesedihan Hasil Pengkhianatan

Gambar ini diambil dari akun official @tulusm (Instagram)

Lagu Langit Abu-Abu ini adalah salah satu single dari salah satu album studio ketiga karya Tulus. Album yang dirilis pada tanggal 3 Agustus 2016 dengan judul “Monokrom”.

Album ini dibuat Tulus untuk mengucapkan terima kasih untuk seluruh hati dan nama yang memahat pribadinya, serta telah mewarnai perjalanan hidup dan musiknya hingga sejauh ini.

Single Langit Abu-Abu yang dirilis pada 20 April 2018 ini bercerita tentang bagaimana seorang pria yang mendampingi sang pujaan hati menghadapi masa-masa sulitnya, dirinya pun dikhianati. Kini ia justru ditinggal oleh sang pujaan hatinya tersebut dalam keadaan yang sulit. Sedih dan tidak adil, dirinya mempertanyakan dimanakah sang pujaan hati.

Berikut lirik lagu Tulus – Langit Abu-Abu :

 

8. Pernah Terjebak Friendzone? Jika Iya, Lirik Lagu Tulus – Sewindu Ini Relate Banget Denganmu

Gambar ini diambil dari akun official @tulusm (Instagram)

Lagu Sewindu ini merupakan salah satu single dari album perdana karya Tulus yang diberi nama sama seperti namanya yaitu, “Tulus”. Album ini dirilis pada tahun 2011 dengan 10 single di dalamnya.

Lagu ini bercerita tentang persahabatan yang berakhir dengan jatuh cinta. Namun, cinta itu bertepuk sebelah tangan atau bisa dibilang friendzone. karena sang perempuan tersebut memiliki kekasih baru.

Berikut lirik lagu Tulus – Sewindu :

 

9. Jangan Percaya Dengan Omong Kosong Belaka, Lirik Lagu Tulus – Kisah Sebentar Ini Akan Membuatmu Berpikir

Gambar ini diambil dari akun official @tulusm (Instagram)

Lagu Kisah Sebentar ini merupakan salah satu single dari album perdana karya Tulus yang diberi nama sama seperti namanya yaitu, “Tulus”. Album ini dirilis pada tahun 2011 dengan 10 single di dalamnya.

Lagu ini bercerita tentang hubungan yang berjalan sebentar dengan awal yang bahagia namun, berakhir dengan pahit.

Berikut ini lirik lagu Tulus – Kisah Sebentar :

 

10. Lirik Lagu Tulus – Bumerang Ini Cocok Banget Untuk Nyinyir Dia Si Tukang Selingkuh

Gambar diambil dari akun official @tulusm (Instagram)

Lagu Bumerang ini adalah salah satu single dari salah satu album studio kedua karya Tulus yang berjudul “Gajah”. Album ini dirilis pada tanggal 19 Februari 2014 dengan 9 single di dalamnya. Karena kesuksesannya, album ini pun berhasil berada di deretan tangga lagu Indonesia. Album ini menempati posisi kedelapan di iTunes Indonesia pada bulan Juli.

Lagu ini bercerita tentang sebuah karma, karena apapun yang kita lakukan sekarang, ,maka akan menuai hasil dari yang kita perbuat di masa yang akan datang.

Berikut lirik lagu Tulus – Bumerang :

 

11. Selalu Bersama Tapi Tak Bisa Bersatu? Lirik Lagu Tulus – Sepatu Ini Mungkin Relate Dengan Keadaanmu

Gambar ini diambil dari akun official @tulusm (Instagram)

Lagu Sepatu ini adalah salah satu single dari salah satu album studio kedua karya Tulus yang berjudul “Gajah”. Album ini dirilis pada tanggal 19 Februari 2014 dengan 9 single di dalamnya. Karena kesuksesannya, album ini pun berhasil berada di deretan tangga lagu Indonesia. Album ini menempati posisi kedelapan di iTunes Indonesia pada bulan Juli.

Lagu ini bercerita tentang dua orang yang saling menyukai, namun tidak bisa bersatu. Jadi dalam lagu ini Tulus mengibaratkan hubungan tersebut seperti sepasang sepatu.

Berikut lirik lagu Tulus – Sepatu :

 

12. InI Dia Lirik Lagu Mahen – Cinta Selesai Yang Bercerita Tentang Keikhlasan Cinta

Gambar ini diambil dari akun official @petrusmahendra (Instagram)

Lagu Cinta Selesai ini merupakan salah satu single kelima karya Mahen yang dirilis pada tahun 2020 lalu.

Lagu ini bercerita tentang bagaimana caranya untuk ikhlas, dengan tidak mementingkan ego sendiri. Mahen mengatakan dirinya bercerita dalam konteks cinta yang menurutnya cinta itu harus ikhlas menerima di segala keadaan. Inti pada lagu ini yaitu tentang keikhlasan cinta.

Berikut lirik lagu Mahen – Cinta Selesai :

 

13. Ini Dia Lirik Lagu Maudy Ayunda – Aku Sedang Mencintaimu, Friendzone Memang Tidak Ada Habisnya Ya?

Gambar ini diambil dari akun official @maudyayunda (Instagram)

Lagu Aku Sedang Mencintaimu ini merupakan salah satu single dari salah satu album studio karya Maudy Ayunda. Album ini merupakan album ketiga karyanya yang berjudul “Oxygen” yang dirilis pada tahun 2018.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang memendam perasaan cinta kepada sahabatnya sendiri, atau yang lebih dikenal dengan istilah friendzone.

Karena kesuksesannya lagu ini pun berhasil mendapat nominasi AMI Award untuk Artis Solo Wanita Pop Terbaik dan AMI Award untuk Tim Produksi Suara Terbaik.

Berikut lirik lagu Maudy Ayunda – Aku Sedang Mencintaimu :

 

14. Ini Dia Lirik Lagu Maudy Ayunda – Goodbye, Mencurahkan Isi Hatinya Yang Harus Meninggalkan Indonesia

Gambar ini diambil dari akun official @maudyayunda (Instagram)

Lagu Goodbye ini merupakan salah satu single dari banyaknya single karya Maudy Ayunda yang dirilis pada tahun 2019. Lagu ini bercerita tentang salam perpisahan dirinya kepada orang-orang terdekatnya di Indonesia.

Mengingat Maudy ingin meneruskan pendidikan S2 nya di Universitas Stanford, Amerika Serikat. Jadi, sebelum berangkat dirinya merilis lagu Goodbye ini meskipun sebenarnya Maudy tidak ingin merilisnya sebagai single. Namun, mengingat keadaanya yang relate dengan lagu tersebut membuat Maudy merilis lagu tersebut.

Berikut lirik lagu Maudy Ayunda – Goodbye :

 

15. Merinding! Lirik Lagu Payung Teduh – Resah Memiliki Makna Yang Mistis Namun Romantis Didalamnya

Gambar ini diambil dari akun official @payungteduhofficial (Instagram)

Lagu Resah ini merupakan salah satu single dari album studio musik pertama karya Payung Teduh. Memiliki nama yang sama album ini pun diberi judul “Payung Teduh” yang dirilis pada tahun 2010.

Lagu bergenre folk pop ini dikabarkan didasari oleh sebuah puisi ciptaan teman Comi yang ditinggal meninggal dunia oleh kekasihnya. Keinginannya untuk tetap bersama sang kekasih tidak dapat diciptakan. Mereka dibatasi oleh ruang dan waktu dan juga oleh kematian.

Berikut ini lirik lagu Payung Teduh – Resah :

 

Nahh itu dia beberapa referensi lagu sedih versi Pararta.com. Bagaimana menurut kalian? Apa ada yang relate dengan keadaan kalian guys?

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral