7 Lagu Daerah Minang (Sumatera Barat) Beserta Liriknya yang Wajib Kamu Tau!

Normalita Vinska

Provinsi Sumatera Barat memang sudah sangat melekat dengan kebudayaan dari suku Minang yang memiliki banyak seniman yang berkecimpung di dunia musik ya guys. Lagu daerah dari suku Minang atau Sumatera Barat ini adalah salah satu bukti betapa kayanya budaya yang ada di Indonesia tercinta ini.

Kalo kalian gak tau nih guys, lagu yang berasal dari Sumatera Barat ini dikenal juga dengan sebutan musik Minang. Lagu yang sudah dimiliki oleh Sumatera Barat ini cukup banyak, namun di sini kita hanya membahas 7 lagu daerah Sumatera Barat ya.

Daerah Minang atau Sumatera Barat ini memang dikenal dengan lagu-lagu daerahnya yang acap kali digunakan untuk iringan tari tradisional seperti tari Indang yang menggunakan lagu daerah Sumatera Barat yang bertajuk ‘Badindin’.

Bahkan nih guys banyak lagu daerah Minang yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan skala nasional, seperti contohnya lagu Kampuang Nan Jauh Di Mato, Gelang Sipaku Gelang (Paku Gelang), Dindin Badindin (Badindin), dll.

Nah, di bawah ini ada 7 lagu daerah Minang (Sumatera Barat) beserta liriknya yang wajib kamu ketahui guys!

  1. Anak Daro
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@alekonpictures)

Secara harfiah lagu ‘Anak Daro’ diartikan sebagai pengantin wanita ya guys, untuk pencipta lagu ‘Anak Daro’ sampai kini belum diketahui lho guys.

‘Anak Daro’ yang merupakan lagu daerah Sumatera Barat ini lebih jelasnya lagi bercerita tentang kebahagian sepasang pengantin baru dan lagu ini juga bercerita tentang seluruh keluarga dan para tamu undangan yang sudah hadir.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Anak Daro

  1. Ayam Den Lapeh
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@syafi)

‘Ayam Den Lapeh’ ini, lagu diciptakan oleh Nurseha yang merupakan perempuan cantik yang berasal dari Orkes Gumarang. Nurseha yang dijuluki sebagai Si Perkutut Minang ini adalah seorang biduan dalam orkesnya

Di daerah Minang lagu ‘Ayam Den Lapeh’ ini menjadi salah satu lagu Pop yang sangat terkenal lho guys. Lagu ini pun bercerita tentang sebuah hewan peliharaan, yakni ayam.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Ayam Den Lapeh

  1. Kampuang Nan Jauh Di Mato
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@pic_alto)

Lagu ‘Kampuang Nan Jauh Di Mato’ mato ini sering dinyanyikan oleh anak-anak Minang. Lagu ini pun pernah dinyanyikan oleh penyanyi cilik Chikita Meidy pada masanya. Pada tahun 1990an lagu ‘Kampuang Nan Jauh Di Mato’ ini sering diputar.

Sebagai lagu daerah Minangkabau. Sumatera Barat yang paling dikenal masyarakat luas ini diciptakan oleh seorang musisi asli dari Minangkabau, musisi itu bernama Oslan Husein pada tahun 1931.

Berikut ini adalah lirik dan lagu ‘Kampuang Nan Jauh Di Mato

  1. Dindin Badindin (Badindin)
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@erlia)

Menjadi lagu iringan tari Indang yang berasal dari Sumatera Barat, Lagu ‘Badindin’ ini menceritakan tentang sesama manusia kita harus saling bertegur sapa agar terciptanya keakraban di antara sesama dan menjaga budaya yang ada.

Lagu yang juga berasal dari Sumatera Barat ini diciptakan oleh Tiar Ramon, selain menciptakan lagu ini ternyata Tiar Ramon juga menyanyikannya lho guys. Tidak hanya Tiar Ramon, penyanyi Elly Kasim juga turut mempopulerkan lagu ‘Badindin’ ini lho.

Berikut ini adalah lirik serta lagu ‘Dindin Badindin (Badindin)

  1. Kambanglah Bungo
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@anggriyulio)

Berasal dari Provinsi Sumatra Barat lirik lagu ‘Kambanglah Bungo’ ini merupakan ciptaan dari Sofyan Naan. Lirik lagu ‘Kambanglah Bungo’ ini menceritakan tentang keindahan tanah Minangkabau.

Lirik lagu ‘Kambanglah Bungo’ ini jika didengarkan bernuansa romansa Tanah Minang yang tidak bisa lepas dari budaya yang sudah tumbuh di atasnya.

Berikut ini adalah lirik serta lagu ‘Kambanglah Bungo

  1. Gelang Sipaku Gelang (Paku Gelang)
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@notethanun)

Lagu ‘Gelang Sipaku Gelang’ yang juga dikenal dengan judul ‘Paku Gelang’ ini banyak diperkenalkan oleh banyak anak Indonesia pada saat berada di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Jika kalian dengarkan nih guys, lagu ‘Gelang Sipaku Gelang’ ini bertemakan tentang perpisahan lho. Biasanya lagu ini dinyanyikan ketika mengakhiri suatu acara atau kegiatan.

Berikut ini adalah lirik serta lagu ‘Gelang Sipaku Gelang (Pake Gelang)

  1. Tak Tong Tong
(gambar ini diambil dari https://unsplash.com/@fikrirasyid)

Pada ulang tahun ASEAN yang ke-50 lagu ‘Tak Tong Tong’ yang merupakan lagu daerah dari provinsi Sumatera Barat ini pernah diputarkan. Setelah diputarkan pada acara ulang tahun ASEAN yang ke-50, lagu ‘Tak Tong Tong’ ini menjadi dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Lirik lagu ‘Tak Tong Tong’ ini sendiri bercerita tentang seseorang yang dulunya memiliki jabatan yang tinggi, karena sesuatu sebab orang tersebut bekerja menjadi penarik becak/pedati. Sampai sekarang kabarnya belum ada yang tau siapa orang yang menciptakan lagu ‘Tak Tong Tong’ ini guys, jadi masih anonim.

Berikut ini adalah lirik serta lagu ‘Tak Tong Tong

Jadi gimana guys, sudah menambah wawasan kalian jadi lebih luas lagu bukan akan lagu-lagu daerah yang berasal dari Minang atau Sumatera Barat ini. Kalo kalian sudah tau lagu yang nomor berapa aja nih?

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral