Jangan Termakan Isu Hoax BPA, Sampai Saat ini Galon Isi Ulang Masih Memenuhi Syarat yang Ditetapkan

Normalita Vinska

Untuk sekian kali Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membantah adanya berita yang mengatakan kemasan galon isi ulang melepaskan zat Bisphenol-A (BPA) yang berbahaya untuk kesehatan para pengguna.

BPOM mengatakan memang benar bahwa kemasan galon isi ulang mengandung BPA, namun kandungan BPA yang terkandung pada kemasan galon isi ulang sudah memenuhi syarat ambang batas di mana dalam hal ini kemasan air galon isi ulang aman untuk digunakan dan dikonsumsi airnya dan tidak berbahaya untuk kesehatan manusia.

Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM, Ema Setyawati juga mengatakan "Hasil uji kemasan pangan dari plastik PC, sampai saat ini kadar BPA-nya masih memenuhi syarat ambang batas dan aman untuk digunakan," pada Rabu (30/12/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Ema Setyawati menyangkut adanya berita mengenai BPA yang berbahaya dalam kemasan galon isi ulang yang membahayakan kesehatan bayi, balita, dan ibu hamil.

Berdasarkan hasil pengawasan kemasan pangan yang dilakukan BPOM terhadap galon isi ulang, kemasan itu sudah memenuhi syarat. “Berdasarkan hasil pengawasan kemasan pangan kami, sampai saat ini galon guna ulang masih memenuhi syarat yang ditetapkan,” ucapnya.

 

Sumber: Sinarharapan.net

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral