Pasti Kamu Kenal! Berikut 20 Lagu Dangdut yang Sering Diputar Saat Kondangan Versi Pararta.com

Normalita Vinska

Tanah Air kita, Indonesia memang sudah identik dengan lagu yang menggunakan aliran musik dangdut. Maka dari itu pastinya semua kalangan sudah terbiasa mendengar lagu dangdut, apalagi mendengarkan lagu dangdut di acara pernikahan teman.

Biasanya saat kondangan, para tamu undangan diminta untuk menyumbang satu lagu yang nantinya akan dinyanyikan oleh biduan, atau juga tamu undangan bisa menyanyikannya di atas panggung.

Jika kamu pergi ke acara kondangan teman, jangan bingung untuk memilih lagu dangdut apa yang nanti akan disumbangkan atau dinyanyikan ya guys. Karena di bawah ini sudah dirangkum 20 lagu dangdut yang biasa diputar saat kondangan versi Pararta.com:

  1. Siapa Yang Punya dari Rhoma Irama
(sumber: Instagram @rhoma_official)

Lagu dangdut yang dinyanyikan oleh Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama bertajuk ‘Siapa Yang Punya’ ini dinyanyikan bersama dengan Diva Dangdut Indonesia, Rita Sugiarto.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Siapa Yang Punya

  1. Hitam dari Rita Sugiarto
(sumber: Instagram @ritsu1909)

Diva Dangdut Indonesia, Rita Sugiarto menyanyikan lagu dangdut bertajuk Hitam yang liriknya diciptakan oleh Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama. Lagu bertajuk ‘Hitam’ ini pertama kali dinyanyikan Rita Sugiarto dalam album “Soneta Volume 5 : Musik”.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Hitam

  1. Oleh – Oleh dari Rita Sugiarto
(sumber: Instagram @ritsu1909)

Single bertajuk ‘Oleh Oleh’ yang dinyanyikan oleh Rita Sugiarto ini merupakan ciptaan Nanang Suwito dan masuk dalam album yang sudah dirilis pada tahun 2017 dengan tajuk “Monata Hits Rita Sugiarto Antibiotik, Pt. 3”.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Oleh-Oleh

  1. Memandangmu dari Ikke Nurjanah
(sumber: Instagram @ikkenurjanah0518)

Dalam karirnya, Ikke Nurjanah sudah banyak menggapai prestasi, bisa dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang berhasil didapatkannya. Di tahun 1997, 1998, 1999 Ikke Nurjanah berhasil bertahan sebagai pemenang di kategori Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik di AMI Awards.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Memandangmu

  1. Jera dari Rita Sugiarto
(sumber: Instagram @ritsu1909)

Lagu dangdut bertajuk ‘Jera’ ini pernah digunakan sebagai soundtrack film Nada-nada Rindu. Lagu yang populer di tahun 90an ini ternyata juga pernah dipopulerkan oleh Riza Umami.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Jera

  1. Tanda Merah dari Evie Tamala
(sumber: Instagram @evietamala23)

Lagu ‘Tanda Merah’ yang dinyanyikan oleh Evie Tamala ini menceritakan tentang sepasang kekasih, namun dalam hubungan sang pria ternyata selingkuh dan membuat wanita bertanya tanda merah yang ada di leher kekasihnya terlihat bekas kecupan.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Tanda Merah

  1. Dua Kursi dari Rita Sugiarto
(sumber: Instagram @ritsu1909)

Rita Sugiarto yang menyanyikan lagu bertajuk ‘Dua Kursi’ dikatakan sangat sukses, karena salah satu lagunya ini sangat banyak dikenal oleh orang luas. Lagu ‘Dua Kursi’ ini pun sudah dirilis pada 2001 sebagai album solo. Untuk lirik lagunya ‘Dua Kursi’ diciptakan oleh Muchlas Adi Saputra dan Muhamad Adi Mashudi.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Dua Kursi

  1. Racun Asmara dari Iis Ariska
(sumber: unsplash @https://unsplash.com/@fabrizioverrecchia)

‘Racun Asmara’ yang dinyanyikan oleh Iis Ariska ini lirik dan lagunya diciptakan oleh M. Soebandi dan untuk merilis single dangdutnya ini Iis Ariska bernaung pada label bernama WM Indonesia.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Racun Asmara

  1. Cinta dan Dilema dari Ikke Nurjanah
(sumber: Instagram @ikkenurjanah0518)

Ikke Nurjanah menyanyikan dan mempopulerkan lagu dangdut yang bertajuk ‘Cinta Dan Dilema’ yang merupakan single ketujuh dalam album tersebut. Lagu ‘Cinta Dan Dilema’ ini memiliki durasi putar 4:15 menit.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Cinta dan Dilema

  1. Pengantin Baru dari All Artist New Pallapa
(sumber: Unsplash @https://unsplash.com/@visionbydavon)

 

Lirik lagu ‘Pengantin Baru’ ini diciptakan oleh H. Fadholi Ambar. Dirinya sebenarnya menciptakan lagu ‘Pengantin Baru’ memiliki tujuannya sendiri, H. Fadholi Ambar menciptakan lagu ‘Pengantin Baru’ ini dengan maksud membawa misi dakwah.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Pengantin Baru

  1. Mawar Putih dari Inul Daratista
(sumber: Instagram @inul.d)

Pedangdut cantik yang terkenal dengan goyang ngebornya ini berhasil memasarkan lagunya yang bertajuk ‘Mawar Putih’ dengan bantuan label musik Maksi Music. Sudah lama tak banyak didengar, akhirnya pada 6 Juni 2020 lagu ‘Mawar Putih’ ini kembali terkenal. ‘Mawar Putih’ kembali terkenal ketika dibawaan oleh Kalia Siska ft. SKA 86.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Mawar Putih

  1. Lilin Putih dari Evie Tamala
(sumber: Instagram @evietamala23)

Dinyanyikan oleh penyanyi dangdut yang memiliki nama asli Cucu Suryaningsih, lagu ‘Lilin Putih’ ini adalah single yang berada dalam albumnya yang bertajuk “Getar Suara Hati”. Dalam “Getar Suara Hati” lagu ‘Lilin Putih’ ini menjadi single yang berada di urutan ketiga.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Lilin Putih

  1. Ilalang dari Machicha Mochtar
(sumber: Unsplash @https://unsplash.com/@jrd_pictures)

Makna lagu ‘Ilalang’ ini adalah menceritakan tentang seseorang yang merana karena kisah cintanya diganggu oleh orang lain, dan dia pun melihat dengan matanya sendiri ketika kekasihnya tersebut berduaan dengan orang lain.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Ilalang

  1. Gadis atau Janda dari Masyur S. ft. Elvy Sukaesih
(sumber: Instagram @elvy_sukaesih)

Lagu ‘Gadis Atau Janda’ ini adalah lagu Manysur S. yang berduet dengan Elvy Sukaesih. ‘Gadis Atau Janda’ ini masuk dalam album Mansyur S. dengan tajuk “Best Of The Best Mansyur S (Koplo)” yang sudah dirilis pada 1 Oktober 2012. ‘Gadis Atau Janda’ ini adalah lagu ciptaan Awab Purnama.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Gadis atau Janda

  1. Dasi dan Gincu dari Rhoma Irama ft. Riza Umami

Dalam lagunya ini Rhoma Irama lebih memilih Riza Umami ketimbang Nur Halimah, karena suara Riza Umami dinilai lebih kuat dari Nur Halimah. Rhoma Irama menilai jika suara Nur Halimah lebih cocok untuk lagu-lagu yang lembut.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Dasi dan Gincu

  1. Pacar Dunia Akhirat dari Rita Sugiarto

Lagu yang dinyanyikan oleh Rita Sugiarto ini juga masuk dalam albumnya yang sudah dirilis pada 1 Agustus tahun 1990 dengan tajuk “20 Best Special Edition Rita Sugiarto”. Bisa dikatakan bahwa lagi ‘Pacar Dunia Akhirat’ ini adalah bentuk kekecewaan Rita Sugiarto atas perceraiannya dengan Zacky Zimah.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Pacar Dunia Akhirat

  1. Hitam Bukan Putih dari Mega Mustika

Lagu yang merupakan ciptaan dari almarhum Meggy Z yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut Mega Mustika dengan judul ‘Hitam Bukan Putih’ ini dikemas dalam dua album miliki Mega Mustika dengan tajuk “Berdarah Lagi” dan album kompilasinya yang diberi nama “Golden Dangdut: Mega Mustika”.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Hitam Bukan Putih

  1. Pertemuan dari Rhoma Irama ft. Noer Halimah

Sudah jelas beralirkan musik dangdut, ‘Pertemuan’ dirilis dan dinaungi bersama dengan label bernama Soneta Record Blackboard. Lagu ‘Pertemuan’ ini juga sempat menjadi soundtrack dari film Jaka Swara 1990.

Berikut adalah lirik lagu ‘Pertemuan

  1. Sekuntum Mawar Merah dari Elvy Sukaesih

Elvy Sukaesih yang menyanyikan lagu ‘Sekuntum Mawar Merah’ yang sudah dirilis pada tahun 1971 itu diketahui merubah namanya menjadi Elvy Sukaesih karena nama Elvy didapatnya dari sebuah novel yang suka dibacanya.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Sekuntum Mawar Merah

  1. Baju Pengantin dari Elvy Sukaesih

Lagu yang diciptakan oleh Ruston Nawawi yang dinyanyikan oleh Elvy Sukaesih bertajuk ‘Baju Pengantin’ ini masuk dalam album kompilasi yang diberi judul “Dangdut Exlusive”. Lagu ‘Baju Pengantin’ juga masuk dalam album yang bertajuk “Kumpulan Single Elvy Sukaesih 2”.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Baju Pengantin

Akhirnya sampe di penghujung lagu ya guys, jadi gimana nih sudah selesai liat-liat semua lagu dangdut yang sudah dirangkum di atas kan? Pasti deretan lagu dangdut tersebut banyak yang kamu kenal.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru