Teddy Rusdy Orang Indonesia Pertama yang Bisa Terbangkan Pesawat Pembom Strategis TU-16/KS Buatan Uni Soviet

Normalita Vinska

Teddy Rusdy yang dikenal suka membaca buku-buku sejak kecil, pada saat remaja dirinya menyukai buku-buku, seperti novel yang menceritakan tentang petualangan dan biografi para tokoh dunia. Sebut saja salah satu tokohnya adalah Mustafa Kamal Ataturk. Pada saat remaja, Teddy Rusdy diketahui ingin menjadi seorang jagoan yang gagah, perkasa, dan juga cerdas. Hal tersebut didorong dari imajinasi tokoh-tokoh dari buku yang sudah dibacanya itu.

Tidak hanya Mustafa Kamal Ataturk yang disukai oleh dirinya, diketahui Teddy Rusdy juga menyukai dan terinspirasi dari tokoh Tom Sawyer, Robinson Crusoe, Winnetou, dan Bung Tomo. Untuk bisa mencapai semua mimpi-mimpinya, Teddy Rusdy mengawali karirnya melalui Angkatan Udara sebagai calon navigator.

Saat mendaftar dan mengikuti tes, berkat pengetahuannya yang didapat dari buku-buku yang dibacanya tersebut membuat Teddy Rusdy lulus dengan mudah. Setelah lulus Teddy Rusdy mendapat kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang teknis penerbangan di India, yakni dipelatihan Air Force Flying College yang dilakukan di Jodhpur, India dan dirinya lulus pada tahun 1961.

Saat Teddy Rusdy berpangkat sebagai Letnan Muda Udara 1, karirnya diketahui terus cemerlang, meskipun kondisinya serba terbatas. Mengawali penugasannya dalam Operasi Trikora di Maluku dirinya memulainya dengan sangat gemilang, pada saat itu dirinya masih berusia 22 tahun.

Teddy Rusdy bisa terlibat dalam Operasi Trikora karena dirinya adalah satu-satunya orang yang terbaik di bidang navigasi dengan prosedur operasi radio-silent. Hal itu karena pada saat mendapat pelatihan di India, Teddy Rusdy belajar terbang cross-country dengan jauh sekitar 1.500 mil tanpa melihat peta. Saat itu Teddy Rusdy hanya berpegang pada posisi bulan dan bintang, serta berbekal insting, analisis, dan pandangan matanya.

Dengan potensinya yang luar biasa, akhirnya Teddy Rusdy dilirik oleh Mayor Jenderal Soeharto untuk bergabung dalam Operasi Mandala di Jakarta. Teddy Rusdy Menjadi orang Indonesia pertama yang bisa menerbangkan Pesawat Pembom Strategis TU-16/KS yang diketahui dibuat oleh Uni Soviet dalam Operasi Mandala.

 

Sumber: Tribunnews.com

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru