Ternyata Lahirnya Sekolah SMA Taruna Nusantara Ide dari Sang Jenderal L.B. Moerdani

Gethya Nabilla

SMA Taruna Nusantara adalah sekolah yang didirikan hasil dari operasi intelijen, sejak berdiri 30 tahun yang lalu sekolah ini masih terus menarik minat pemuda-pemudi Indonesia untuk mengikuti pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

Lahirnya sekolah SMA Taruna Nusantara ini dibentuk oleh orang-orang yang memiliki latar belakang intelijen, yakni orang yang bertugas di Badan Intelijen Strategis Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (BAIS ABRI).

Pada saat itu, L.B. Moerdani selaku Panglima ABRI memberikan sebuah ide yang berawal dari analisis intelijen. Seperti yang kita ketahui, L.B. Moerdani mempelajari banyak perjalanan sejarah bangsa dunia dan juga memperlajari strategi yang ia siapkan untuk menyongsong Abad ke-21.

Karena derasnya arus globalisasi di segala bidang, semakin mengaburkan batas-batas budaya, peradaban serta bangsa dan negara terjadi di akhir Abad ke-20. Menurut L.B. Moerdani, bangsa-bangsa yang akan siap menerima abad ke-21 adalah mereka yang sanggup menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman.

Tak hanya itu saja, menurut L.B. Moerdani pelestarian dan pengembangan jati diri bangsa hanya dapat dilakukan melalui pendidikan semata. Maka dari itu ia banyak mempelajari berbagai system pendidikan yang baik untuk Indonesia maupun mancanegara.

Melalui studi banding tersebut, sistem Taman Siswa dipercayai oleh L.B. Moerdani cocok untuk tujuan melestarikan dan mengembangkan nilai, paham, dan semangat kebangsaan.

 

Sumber: Republika.co.id

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral