Ini Dia 20 Referensi Lagu Ramadhan Yang Wajib Untuk Dimasukkan ke Dalam Playlist ! Beberapa Diantaranya Bikin Nostalgia!

Wulandari Astiani

Tidak lama lagi kita akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan. Bulan suci yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengerjakan amalan-amalan kebaikan lainnya. Selain itu bulan Ramadhan juga sangat lekat dengan lagu-lagu religinya. Nah, pada kesempatan kali ini Pararta ingin memberikan rekomendasi lagu-lagu Ramadhan yang diantaranya akan ada membuat kamu bernostalgia nih. Apa sih lagunya? Yuk cekidot..

1. Ini Dia Lirik Lagu Opick - Ramadhan Tiba, Anak Tahun 2000an Pasti Kangen Banget Sama Lagu Ini!

Gambar ini diambil dari akun official @opick_tomboati (Instagram)

Ramadhan Tiba merupakan salah satu single dari salah satu album karya Opick yang berjudul “Cahaya Hati”. Album yang berisikan 10 buah lagu religi didalamnya ini dirilis pada tahun 2008 dengan tiga lagu hits di dalamnya yaitu “Cahaya Hati, Ya Nabi Salam, dan Ramadhan Tiba”.

Berikut lirik lagu Opick – Ramadhan Tiba

 

2. Lirik Lagu Religi Opick - Ya Nabi Salam Pasti Membuat Kamu Bernostalgia!

Gambar ini diambil dari akun official @opick_tomboati (Instagram)

Ya Nabi Salam ini merupakan salah satu single dari salah satu album karya Opick yang berjudul “Cahaya Hati”. Album yang berisikan 10 buah lagu religi didalamnya ini dirilis pada tahun 2008 dengan tiga lagu hits di dalamnya yaitu “Cahaya Hati, Ya Nabi Salam, dan Ramadhan Tiba”.

Berikut lirik lagu Opick – Ya Nabi Salam

 

3. Lirik Lagu Arti Puasa Dari Tasya Kamila Cocok Banget Untuk Ngajarin Anak Berpuasa

Gambar ini diambil dari akun official @tasyakamila (Instagram )

Lagu yang dinyanyikan oleh mantan penyanyi cilik berdarah Minangkabau–Jawa ini merupakan salah satu single dari album ketiga karyanya yang berjudul “Ketupat Lebaran”. Album yang berisikan lagu-lagu seputar Ramadhan dan Idul Fitri dirilis pada tahun 2001 dan seluruh lagunya diciptakan oleh AT Mahmud.

Berikut lirik lagu Tasya Kamila – Arti Puasa

 

4. Ini Dia Lirik Lagu Idul Fitri - Tasya Kamila Yang Sempat Dijadikan Sebuah Jingle Dalam Iklan Loh!

Gambar ini diambil dari akun official @tasyakamila (Instagram)

Lagu Idul Fitri ini sangat terkenal dikalangan masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Karena liriknya yang khas dan menarik, lagu ini pun sempat dijadikan sebuah jingle dalam sebuah iklan.

Berikut lirik lagu Tasya Kamila – Idul Fitri

 

5. Siapa Yang Ga Asing Sama Lirik Lagu Marhaban Ya Ramadhan - Haddad Alwi ft ANTI, Ngacungg?

Gambar ini diambil dari akun official @abihaddadalwi (Instagram)

Lagu Marhaban Ya Ramadhan ini dinyanyikan oleh penyanyi religi yang lahir di Surakarta, 13 Maret 1966 yaitu Haddad Alwi. Pada lagu ini Hadad Alwi tidak bernyanyi sendiri melainkan mengajak penyanyi cilik perempuan yaitu ANTI. Lagu Marhaban Ya Ramadhan ini dirilis pada tahun 2003 dan masih sering didengarkan setiap bulan Ramadhan.

Berikut lirik lagu Haddad Alwi ft ANTI – Marhaban Ya Ramadhan

 

6. Bulan Ramadhan Waktunya Untuk Banyak-banyak Beramal Nih, Seperti Lirik Lagu Tompi - Ramadhan Berbagi Baik Untuk Dicontoh

Gambar ini diambil dari akun official @dr_tompi (Instagram )

Lagu Ramadhan Berbagi ini dirilis pada tahun 2014 dan masuk ke dalam album kompilasi yang berjudul “E-Motion All Stars: Ramadhan”. Di dalamnya terdapat 10 single yang dinyanyikan oleh penyanyi yang berbeda di antaranya adalah Tompi, Armada, Fauzan, Abri, Titi Kamal, Marcell, Drive, dan CosMIC.

Berikut lirik lagu Tompi – Ramadhan Berbagi

 

7. Berirama Musik India, Ini Dia Lirik Lagu Harris J ft Shujat Ali Khan - Eid Mubarak

Gambar ini diambil dari akun official @officialharrisj (Instagram)

Pada kesempatan kali ini Harris tidak bernyanyi sendiri, dirinya mengajak Shujat Ali Khan. Eid Mubarak ini merupakan salah satu single dari album musik pertama karya Harris J yang bertajuk “Salam”. Album yang dirilis pada tahun 2015 ini berisikan 12 single didalamnya dan Salam Alaikum masuk kedalam single hits album tersebut.

Berikut lirik lagu Harris J ft Shujat Ali Khan – Eid Mubarak

 

8. Ini Dia Lirik Lagu Raef - Ramadan Is Here Yang Mengajak Kita Untuk Bersemangat Dalam Bulan Ramadhan

Gambar ini diambil dari akun official @raefmusic (Instagram )

Ramadan Is Here ini merupakan salah satu single dari album studio musik kedua karya pengisi acara ‘The Journey of a Backpacker’ yang ditayangkan selama bulan Ramadhan di salah satu stasiun televisi Indonesia ini. Album yang berjudul “Mercy” ini berisikan 14 single didalamnya dan dirilis pada tahun 2019 dibawah naungan Awakening Records.

Lagu yang berirama dengan penuh semangat ini mengajak umat islam untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan dari Allah SWT.

Berikut lirik lagu Raef – Ramadan Is Here

 

9. Anak Milenial Pasti Gak Asing Nih?! Ini Dia Lirik Lagu Harris J - Salam Alaikum Yang Hits Pada Masanya

Gambar ini diambil dari akun official @officialharrisj (Instagram)

Salam Alaikum ini merupakan single pertama dari album musik pertama karya Harris J. Album yang dirilis pada tahun 2015 ini memiliki 12 single didalamnya dan Salam Alaikum ini masuk kedalam Kategori single hits dari album yang bertajuk “Salam”.

Berikut lirik lagu Harris J – Salam Alaikum 

 

10. Yuk Ajarkan Anak Rasa Bersyukur! Dengan Lirik Lagu Sambut Rahmat-Nya Dari Haddad Alwi ft Anti dan Vita

Gambar ini diambil dari akun official @abihaddadalwi (Instagram )

Sambut Rahmat-Nya ini merupakan salah satu single dari album studio rohani Islam karya Haddad Alwi. Dengan berisikan 9 buah lagu, album yang bertajuk “Muhammad Nabiku” ini dirilis pada tahun 2010. Dalam lagu Sambut Rahmat-Nya ini Haddad Alwi tidak bernyanyi sendiri melainkan mengajak penyanyi cilik Anti dan Vita.

Berikut lirik lagu Haddad Alwi ft Anti dan Vita – Sambut Rahmat-Nya

 

11. Ini Dia Lirik Lagu Haddad Alwi - Puasa Yang Masuk Kedalam 2 Album Loh!

Gambar ini diambil dari akun official @abihaddadalwi (Instagram)

Puasa ini merupakan salah satu single dari album studio rohani islam karyanya yang dirilis pada bulan Ramadhan di tahun 2006. Album yang bertajuk “Jalan Cinta 2” ini berisikan 8 buah lagu. Selain masuk ke dalam album “Jalan Cinta 2” lagu Puasa ini dirilis ulang secara original dan masuk ke dalam album rohani Islam kompilasi terbaik karya Haddad Alwi yang dirilis pada tahun 2009. Album yang bertajuk “12 Lagu Pilihan” ini berisikan 12 lagu di dalamnya dengan beberapa lagu dari album terdahulu.

Berikut lirik lagu Haddad Alwi – Puasa

 

12. Dengan Ciri Khas Suara Soprannya, Ini Dia Lirik Lagu Haddad Alwi ft Gita Gutawa - Salam Ramadhan

Gambar ini diambil dari akun official @abihaddadalwi (Instagram)

Salam Ramadhan ini diciptakan oleh Haddad Alwi sendiri dan telah dirilis pada tahun 2006 dengan judul album “Jalan Cinta 2”. Kemudian pada tahun 2009 lagu ini pun dirilis ulang secara original dan masuk kedalam album “12 Lagu Pilihan”. Lagu bergenre pop religi ini berada dibawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia.

Berikut lirik lagu Haddad Alwi ft Gita Gutawa – Salam Ramadhan

 

13. Ini Dia Lirik Lagu Sigit Wardana - Menuju SurgaMu Yang Diharapkan Akan Menginspirasi Penikmat Musik Indonesia

Gambar ini diambil dari akun official @sigitwardana (Instagram )

Menuju SurgaMu ini merupakan salah satu single milik Sigit Wardana yang dirilis di penghujung bulan Maret 2020. Lagu yang diciptakan oleh “Catur Septembrianto” ini bercerita tentang bagaimana seseorang yang sangat merasa berdosa hingga kemudian dirinya meminta ampun serta petunjuk dari Allah SWT untuk kembali ke jalan-Nya.

Lagu yang dinaungi di bawah label Mans Entertainment ini diharapkan oleh Sigit Wardana akan menjadi inspirasi sekaligus menghibur penikmat musik Indonesia.

Berikut lirik lagu Sigit Wardana – Menuju SurgaMu

 

14. Dengan Suaranya Yang Khas, Lirik Lagu Lady Rocker Inka Christie - Ampuni Dosaku Pas Banget Diputar Saat Bulan Ramadhan

Gambar ini diambil dari akun official @inka_christie99 (Instagram )

Ampuni Dosaku ini dirilis pada bulan April 2020 di bawah naungan label Musica Publisher Indonesia, dengan mengandalkan suara khasnya lagu yang diciptakan oleh Inka Christie sendiri ini menjadi enak didengar dan menyentuh sampai ke relung hati, yang pastinya cocok didengarkan pada saat bulan Ramadhan.

Berikut lirik lagu Inka Christie – Ampuni Dosaku

 

15. Lirik Lagu Religi Islami Yang Bernuansa Roman Milik Arif Afsyah - Allah, Jagalah Yang Merupakan Wujud Cinta Dalam Doa

Gambar ini diambil dari akun official @arifafsyah (Instagram)

Lagu yang dirilis pada bulan Maret 2021 ini bercerita tentang peran laki-laki yang selalu mendukung dan setia kepada perempuannya dalam menggapai cita-cita. Lagu yang liriknya diciptakan oleh “Muhammad Fadhli” ini bercerita cinta tidak hanya sebuah bahasa kata tapi adalah ungkapan doa kepada orang yang kita cintai dengan melibatkan Tuhan dalam kemesraan.

Berikut lirik lagu Arif Afsyah – Allah, Jagalah

 

16. Yuk Bersyukur! Seperti Lirik Lagu Fatin Shidqia - Bersyukurlah Yang Mengajak Kita Untuk Selalu Bersyukur

Gambar ini diambil dari akun official @fatin30 (Instagram)

Lagu yang mengusung genre pop dengan campuran musik Arab ini dirilis pada tahun 2019 bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan. Lagu yang merupakan single religi ke-4 ini liriknya diciptakan oleh Aldi Nada Permana. Fatin mengatakan bahwa lagu ini sebagai pengingat bahwa kita harus selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT.

Berikut lirik lagu Fatin Shidqia – Bersyukurlah

 

17. Ini Dia Lirik Lagu Terry Shahab - Nawaitu Yang Membuat Bulan Ramadhan Kita Berwarna

Gambar ini diambil dari akun official @missterryours_shahab (Instagram)

Single religi milik Terry ini dirilis menjelang hadirnya bulan suci Ramadhan 1436 H tepatnya pada 27 Mei 2015. Lagu yang dinaungi oleh Sony Music ini tercipta setelah Terry mendapatkan inspirasi bagaimana untuk tetap semangat selama menjalani bulan suci Ramadhan.

Berikut lirik lagu Terry Shahab – Nawaitu

 

18. Meleleh! Ini Dia Lirik Lagu Jalan Lurus Milik Gita Gutawa Yang Menyantuh Jiwa Dengan Suara Soprannya!

Gambar ini diambil dari akun official @gitagut (Instagram )

Jalan Lurus ini merupakan salah satu single dari album religi pertama atau album studio ketiga milik Gita Gutawa yang dirilis 13 Agustus 2010. Dengan bertajuk “Balada Shalawat” album yang berisikan 8 buah single didalamnya ini didistribusikan ke salah satu jaringan minimarket di seluruh Indonesia.

Berikut lirik lagu Gita Gutawa – Jalan Lurus

 

19. Masih Ingat Dengan Sosok Emak Di Keluarga Cemara? Ini Dia Lirik Lagu Novia Kolopaking - Dengan Menyebut Nama Allah

Gambar ini diambil dari akun official @noviakolopaking72 (Instagram)

Lagu ini merupakan salah satu single yang masuk ke dalam sebuah album kompilasi yang dirilis pada tahun 1992 dengan judul “Dengan Menyebut Nama Allah”. Album yang berisikan 8 buah lagu didalamnya ini dinaungi di bawah label Musica Records. Single Dengan Menyebut Nama Allah yang diciptakan oleh Dwiki Darmawan ini masuk kedalam salah satu single hits dari album tersebut.

Berikut lirik lagu Novia Kolopaking – Dengan Menyebut Nama Allah

 

20. Ini Dia Lirik Lagu Tuhan Yang Dibawakan Oleh Penyanyi Dangdut Ikke Nurjanah

Gambar ini diambil dari akun official @ikkenurjanah0518 (Instagram)

Tuhan ini merupakan salah satu single dari salah satu album musik karya Ikke Nurjanah. Album yang bertajuk “Lebaran Bersama Ikke Nurjanah” ini berisikan 12 single didalamnya dan dirilis pada tahun 2002.

Berikut lirik lagu Ikke Nurjanah – Tuhan

 

Nah itu dia beberapa referensi lagu untuk kamu tambahkan di playlist kamu selama bulan Ramadhan. Bagaimana diantaranya ada yang buat kamu benar-benar bernostalgia bukan? 

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru