10 Takjil Buka Puasa Yang Pastinya Selalu Ada di Bulan Suci Ramadhan

Normalita Vinska

Umat muslim di seluruh dunia kini tengah berbahagia dengan kehadiran bulan Suci Ramadhan di tengah-tengah wabah virus Covid-19 yang melanda, tak terkecuali Indonesia. Bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh hidayah dan berkah ini memberikan semangat kepada umat muslim untuk berlomba-lomba menebarkan kebaikan.

Sudah menjadi tradisi turun temurun nih guys, ngabuburit merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa terlepas di bulan puasa. Menjelang waktu berbuka pastinya umat muslim beramai-ramai untuk ngabuburit memburu takjil.

Nah pas banget nih guys, Pararta.com kali ini sudah merangkum apa saja takjil yang selalu ada di bulan Suci Ramadhan. Cekidot di bawah ini ya:

 

1. Kurma

(Foto ini diambil dari Unsplash)

Kudapan yang satu ini pastinya selalu kalian jumpai di saat bulan Ramadhan kan guys? Kurma merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa.

Sangat dianjurkan nih guys mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dalam jumlah ganjil ya.

 

2. Es Buah

(Foto ini diambil dari kitaberkata.com)

Aduh ati-ati batal deh kalo ngomongin Es Buah, takjil yang satu ini adalah minuman dingin yang terasa manis dengan adanya berbagai macam buah yang dipotong dadu di dalamnya.

Biasanya es buah dibuat dari air yang dicampurkan dengan susu dan sirup, dengan tambahan berbagai macam buah, seperti anggur, mangga, strawberry, buah naga, blewah, dll.

 

3. Kolak

(Foto ini diambil dari Womantalk)

Kolak juga termasuk takjil yang selalu ada di bulan puasa nih guys, dengan rasanya yang manis karena gula merah dan rasanya yang gurih karena santan, kolak lebih nikmat dimakan saat masih hangat ya.

Kolak sendiri ada berbagai jenisnya nih guys, ada kolak candil, ada kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak, dll.

 

4. Gorengan

(Foto ini diambil dari https://unsplash.com/@mrthetrain)

Di nomor 4 ada bala-bala atau gorengan, siapa sih yang bisa melewatkan takjil yang satu ini? Sudah gak heran lagi nih guys, jika gorengan selalu ada saat berbuka puasa ya.

Karena harganya yang nyaman banget di kantong, gorengan adalah salah satu takjil yang paling banyak diburu lho.

 

5. Teh Manis

(Foto ini diambil dari https://unsplash.com/@teacora)

Minuman yang bisa disajikan dingin dan hangat dengan rasa yang manis atau tawar, teh manis juga menjadi hidangan yang selalu ada di saat bulan Ramadhan apalagi kalian pecinta tea ya.

Tidak perlu mengeluarkan uang, bahan-bahan untuk membuat teh manis pasti selalu ready di dapur.

 

6. Es Timun Suri

(Foto ini diambil dari detikFood)

Buah yang hanya ditemui saat bulan Ramadhan ini pastinya banyak sekali penggemarnya ya. Biasanya timur suri dihidangkan menjadi es dengan rasa yang manis.

Sudah menahan lapar dan haus seharian, rasanya es timun suri cocok banget untuk menghilangkan rasa dahaga saat berbuka ya guys.

 

7. Bubur Sumsum

(Foto ini diambil dari Watyutink)

Makanan yang satu ini biasanya dikonsumsi untuk sarapan pagi guys, namun berbeda  jika bulan Ramadhan tiba nih. Karena saat Ramadhan tiba, bubur sumsum dijadikan sebagai takjil lho.

Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini lebih nikmat dimakan dengan tambahan saus gula merah.

 

8. Es Kelapa Muda

(Foto ini diambil dari NGOVEE)

Saat berburu takjil saat ngabuburit jangan sampai melewatkan es kelapa muda ya guys! Soalnya es yang berasal dari buah kelapa ini sangat menyegarkan tenggorokan dan tentu saja cepat menghilangkan rasa haus karena sudah seharian berpuasa.

Selain itu air dan daging kelapa muda juga bagus banget untuk kesehatan karena mengandung elektrolit. Air kelapa juga dipercaya bisa menghidrasi tubuh secara alami lho guys.

 

9. Es Campur

(Foto ini diambil dari Blog Sayurbox)

Mirip dengan es buah namun es campur berbeda ya guys, perbedaannya bisa terlihat dari cara penyajian antara keduanya. Jika es buah disajikan dengan air, sirup, dan susu dengan es yang berbentuk, berbeda dengan es campur.

Es campur sendiri disajikan dengan es batu yang diserut terlebih dahulu, kemudian isiannya ada daging kelapa, buah nangka, cincau hitam, rumput laut, dll yang ditambahkan dengan susu dan sirup.

 

10. Pacar Cina

(Foto ini diambil dari Pegipegi)

Takjil yang terakhir ada pacar cina atau yang biasa disebut dengan es mutiara atau bubur mutiara ini terbuat dari tepung tapioka. Makanan berwarna merah muda ini juga cocok banget untuk mengganjal perut kamu ketika berbuka puasa guys.

Biasanya pacar cina dihidangkan hangat, rasa dari pacar cina ini sangat gurih dan manis guys, karena makanan ini menggunakan santan.

 

Gimana nih guys sederet takjil di atas tadi memang selalu ada di bulan Ramadhan tiba kan? Kalo takjil kalian saat berbuka puasa apa nih?

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral