Wajib Tau! 10 Gorengan Ini Paling Sering Disantap Saat Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Normalita Vinska

Sudah menjadi rahasia publik jika masyarakat Indonesia sangat menggemari yang namanya gorengan untuk membatalkan puasanya. Karena untuk sebagian masyarakat Indonesia kurang lengkap rasanya jika menu takjil berbuka puasa tidak ada gorengan atau bala-bala.

Gorengan memang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, karena gorengan termasuk dalam jenis makanan yang ringan. Jadi membatalkan puasa dengan gorengan rasanya pas untuk sekedar mengganjal perut.

Karena kalian merasa gak sih, ketika sudah seharian berpuasa namun saat berbuka baru saja sedikit makan dan minum perut sudah terasa kenyang? Nah karena itu gorengan cocok banget untuk kalian yang mudah merasa kenyang saat berbuka.

Terlebih lagi jika kita langsung makan makanan yang berat seperti nasi, akan membuat perut kita begah dan malas untuk bergerak. Padahal setelah berbuka puasa kita harus menjalankan shalat maghrib sampai shalat tarawih, pastinya kalau langsung makan nasi akan membuat kita jadi males-malesan karena sudah merasa kenyang.

Nah guys ngomongin soal gorengan nih, Pararta.com sudah merangkum gorengan apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk membatalkan puasa lho. Yuk Cekidot di bawah ini ya:

 

1. Bakwan Sayur

(Foto ini diambil dari Okezone Lifestyle)

Diurutan pertama yang menjadi favorit adalah bakwan. Iya bakwan, bakwan sendiri ada jenisnya guys ada bakwan jagung dan ada juga bakwan sayur. Nah untuk berbuka puasa masyarakat Indonesia lebih suka membatalkan puasanya dengan bakwan sayur.

Terlebih lagi, bakwan sayur yang paling banyak dijual oleh para penjual takjil dan abang-abang gorengan guys. Karena biasanya bakwan jagung hanya dibuat untuk menjadi lauk pendamping di rumah.

 

2. Martabak Tahu

(Foto ini diambil dari Selerasa.com)

Sering dijumpai saat ngabuburit berburu takjil, martabak tahu memang menjadi gorengan yang sangat nikmat jika disantap untuk berbuka puasa. Apalagi jika memakan gorengan ini dengan cabe rawit atau saus sambal.

Untuk membuat gorengan satu ini juga terbilang mudah lho guys. Karena membuat martabak telur gak perlu banyak bahan, hanya membutuhkan kulit lumpia, tahu putih, dan daun bawang.

 

3. Tahu Isi

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Rasanya kurang afdol jika tidak ada gorengan satu ini ya guys, tahu goreng isi ini biasanya berisikan aneka jenis sayuran, seperti tauge, wortel, kol yang diiris-iris tipis memanjang.

Bagi kalian pecinta pedas, akan lebih nikmat jika memakan tahun ini dengan gigitan cabe rawit atau bumbu kacang pedas.

 

4. Cakwe

(Foto ini diambil dari Merdeka.com)

Siapa sih yang gak kenal dengan gorengan yang berteman erat dengan odading atau kue bantal ini? Ya cakwe, cakwe yang sering kita temui ini masuk dalam daftar gorengan yang sering disantap untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan versi Pararta.com.

Cakwe yang terbuat dari tepung terigu ini adalah gorengan dengan bentuk memanjang dan biasa disantap dengan saus dengan rasa yang pedas dan ada rasa asamnya.

 

5. Pisang Coklat

(Foto ini diambil dari Lemonilo)

Bagi kalian penggemar makanan manis, cocok banget nih jika berbuka puasa dengan pisang coklat atau biasa disebut ‘piscok’. Disajikan dengan rasa yang manis, pisang coklat memang pas banget untuk berbuka puasa, karena dianjurkan berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis kan hehe.

 

6. Risol Bihun

(Foto ini diambil dari Orami)

Bertekstur garing pada bagian kulitnya yang terbuat dari kulit lumpia, seperti namanya risol yang satu ini berisikan bihun ya guys. Jika kalian berbuka puasa dengan gorengan nikmat satu ini, pastikan kamu mencolekannya dengan bumbu kacang oke.

 

7. Lumpia Ayam

(Foto ini diambil dari cookpad.com)

Bentuknya memang mirip dengan risol bihun, namun terdapat perbedaan yang mudah diliat pada gorengan satu ini nih guys. Lain halnya dengan risol bihun yang memiliki tekstur yang crispy, lumpia ayam ternyata memiliki tekstur yang kenyal cenderung lembut lho.

Karena, lumpia ayam sendiri terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka berbeda dengan risol bihun yang terbuat dari kulit lumpia. Oh iya, jika kalian ingin menyantap gorengan satu ini lebih nikmat lagi dimakan dengan cabe rawit atau saus sambal lho.

 

8. Combro

(Foto ini diambil dari Dapur KOBE)

Siapa nih yang gak suka dengan gorengan satu ini? Duh sayang banget deh kalian yang gak suka, padahal combro tuh enak banget lho apalagi dengan rasanya yang pedas.

Gorengan khas dari Provinsi Jawa Barat ini juga sering kita jumpai di penjual gorengan lho, penikmat rasa pedas pasti langsung ketagihan deh kalo udah makan combro.

 

9. Risol Sayur

(Foto ini diambil dari Sajian Sedap - Grid.ID)

Biasa disajikan dengan cabe rawit, risol atau risoles sayur ini juga menjadi gorengan favorit untuk berbuka puasa. Karena bahan-bahan pembuatannya bisa banget untuk mengganjal perut kita ketika berbuka puasa.

Risol Sayur ini ternyata tidak hanya bisa diisikan dengan sayuran lho, karena ada juga jenis risol lainnya seperti risol mayonaise, risol daging, dll.

 

10. Cireng

(Foto ini diambil dari seruni.id)

Gorengan murah meriah dengan warnanya yang putih ini siapa yang tidak kenal? Aci di goreng atau cireng merupakan sebutan untuk gorengan yang satu ini nih guys. pasti kalian sudah tidak asing lagi sama gorengan khas Sunda ini kan guys.

Tentunya berbahan dasar tepung kanji atau yang biasa disebut dengan tepung tapioka, cireng merupakan gorengan yang nikmat disantap dengan cocolan saus sambal lho guys.

 

Tahan guys belum waktunya buka lho hehehe, hati-hati puasa kalian bisa jadi batal kalo terngiang-iang dengan makanan nikmat di atas yang sudah dirangkum Pararta.com.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral