Termasuk Negara Muslim, 9 Makanan Khas Malaysia Ini Juga Cocok Dijadikan Sebagai Menu Berbuka Puasa

Normalita Vinska

Tidak hanya makanan Indonesia aja nih guys yang mantap dijadikan pembatal untuk berbuka puasa. Ternyata beberapa makanan khas dari tetangga sebelah, Malaysia juga ada yang cocok banget dijadikan makanan berat untuk berbuka puasa lho.

Beberapa makanan khas dari Malaysia ini juga sangat mirip dengan makanan-makanan yang ada di Indonesia guys. Karena Malaysia juga termasuk negara muslim, patut saja makana nya tidak jauh berbeda dari Indonesia ya guys, ditambah lagi negara kita dengan Malaysia adalah negara tetangga.

Gak usah banyak omong lagi, langsung aja liat 9 makanan khas Malaysia yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa di bawah ini, cekidot:

 

1. Mee Goreng Mamak

(Foto ini diambil dari Traveloka.com)

Makanan khas dari negara tetangga, Malaysia yang bisa dijadikan sebagai makanan berbuka puasa adalah mee goreng mamak. Kalau dilihat dari tampilan mienya sendiri, mee goreng ini sangat mirip dengan mie aceh yang ada di Indonesia ya guys.

 

2. Nasi Kerabu

(Foto ini diambil dari Fimela.com)

Sangat menarik perhatian, makanan khas Malaysia selanjutnya ada nasi kerabu, keunikan menu masakan satu ini terdapat pada warna nasinya guys. Biasanya kan nasi berwarna putih, namun berbeda dengan nasi kerabu ini yang memiliki warna biru.

 

3. Ayam Percik

(Foto ini diambil dari Butterkicap)

Bagi kalian yang menyukai olahan ayam untuk berbuka puasa, cocok banget nih jika membuat ayam percik yang merupakan salah satu makanan khas Malaysia. JIka kalian perhatikan nih guys, ayam percik asal Malaysia ini sangat mirip dengan ayam bakar yang biasa kita jumpai di warung makan padang ya.

 

4. Nasi Lemak

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Siapa nih di sini penggemar kartun Upin&Ipin yang juga berasal dari Malaysia? Pasti jika kalian penggemar kartun ini sudah tidak asing lagi dengan olahan masakan nasi lemak.

Di Indonesia sendiri nih guys, nasi lemak itu mirip dengan nasi uduk, karena proses pembuatan keduanya sama-sama menggunakan santan.

 

5. Ayam Pongteh

(Foto ini diambil dari Blog Qelola)

Siapa di sini yang suka dengan semur ayam? Makanan khas Malaysia ayam pongteh ini bisa dibilang sangat mirip dengan semur ayamnya Indonesia lho. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan ayam pongteh juga sangat-sangat mirip dengan semur ayam Indonesia.

 

6. Char Kway Teow

(Foto ini diambil dari Lupa Libur)

Makanan yang satu ini berbahan dasar kwetaiu, cara memasak char kaway teow khas Malaysia ini juga mirip dengan kwetiau goreng di Indonesia. Perbedaan char kway teow dengan kwetiau goreng Indonesia adalah berada pada isiannya.

Kalo kwetiau goreng Indonesia yang dijual abang-abang hanya berisi sayuran dan telur, sedangkan char kway teow Malaysia isiannya ada sayuran, telur, kerang, dan juga udang.

 

7. Gulai Kawah

(Foto ini diambil dari Kalori Nutrisi)

Gulai kawah yang menjadi makanan khas Malaysia ini memang terlihat seperi gulai yang berasal dari Indonesia ya guys. Yang membedakan kedua masakan ini hanya terdapat pada bumbu dan cara memasaknya.

Bisa dinamakan sebagai gulai kawah karena proses memasak masakan ini menggunakan wajan besar yang bentuknya seperti kawah.

 

8. Bubur Century

(Foto ini diambil dari Makanan Khas)

Bubur khas Malaysia ini sangat mirip dengan bubur ayam di Indonesia, dihidangkan saat hangat, bubur century ini juga cocok untuk menu berbuka puasa. Ngomongin kemiripan bubur century dengan bubur ayam Indonesia bisa dilihat dari sajian telurnya.

Karena pada bubur century khas Malaysia, telur yang digunakan adalah telur rebus yang warnanya kehitaman. Hal tersebut karena pembuatanya yang dilakukan cukup lama.

 

9. Asam Laksa Penang

(Foto ini diambil dari Kabar Nusantara)

Makanan khas dari Malaysia yang terakhir ada asam laksa penang yang mirip dengan tomyam nya Indonesia. Isian dari masakan asam laksa penang juga hampir mirip dengan tomyam lho guys.

 

Jadi kalian sudah menetapkan ingin masak masakan khas Malaysia di atas yang mana nih guys untuk dijadikan menu berbuka puasa?

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral