Sudah Dipastikan! Ini Dia 10 Kue Lebaran yang Gak Pernah Absen dari Tahun ke Tahun

Normalita Vinska

Setelah sudah sebulan penuh berpuasa, umat muslim pasti sudah gak sabar menunggu hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri yang sangat dinanti-nanti. Hari raya Idul Fitri atau lebaran di Indonesia pun dirayakan dengan penuh persiapan ya guys.

Katakan saja, pada detik-detik menyambut hari lebaran, masyarakat Indonesia sibuk membeli baju baru yang nantinya akan digunakan di saat hari kemenangan. Tidak hanya sibuk membeli baju untuk sanak saudara dan diri sendiri nih guys.

Untuk menyambut hari raya Idul Fitri masyarakat Indonesia juga sibuk membuat kue lebaran yang nantinya akan disuguhkan ketika tamu berdatangan untuk bersilaturahmi dan saling maaf memaafkan.

Nah, ngomongin kue lebaran nih guys, di Indonesia sendiri sangat beraneka ragam kue lebaran yang dibuat lho. Di bawah ini Pararta.com sudah merangkum 10 kue lebaran yang gak pernah absen di hari lebaran tiba.

 

1. Nastar

(Foto ini diambil dari HappyFresh)

Pastinya semua orang sudah mengenal kue yang selalu hadir di momen idul fitri ini kan? Ya siapa lagi kalau bukan nastar. Kue yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Nastar yang terbuat dari berbagai macam bahan ini isiannya lumrahnya adalah buah nanas yang dijadikan selai. Rasa buah nanas yang asem asem manis, pasti kalian sudah kebayang bukan bagaimana rasanya kue satu ini?

 

2. Kastengel

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Kue dengan bentuk memanjang ini juga menjadi salah satu kue khas lebaran yang gak boleh sampai terlewatkan lho guys. Kue yang fokus dengan rasa kejunya, kastengel juga banyak sekali penggemarnya.

Kastengel termasuk dalam kategori kue kering yang memiliki cita rasa asin dan gurih. Di atas kue ini juga ditaburi parutan keju, di mana jika keluar dari oven taburan kejunya akan menambah kenikmatan kue yang satu ini.

 

3. Putri Salju

(Foto ini diambil dari BukaReview - Bukalapak)

Menjadi kesukaan anak-anak saat lebaran karena rasanya yang manis, kue putri salju memiliki tekstur yang lembut. Jadi dengan taburan gula halus diatasnya membuat orang yang memakan kue ini pasti akan dibuat ketagihan.

 

4. Biji Ketapang

(Foto ini diambil dari Kumparan)

Kue lebaran yang tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang banyak, biji ketapang dengan rasanya yang manis juga cocok banget menjadi kue camilan di hari raya. Pembuatan biji ketapang ini juga tidak memerlukan oven.

Jadi kalian gak perlu khawatir ya guys, karena pembuatan biji ketapang dilakukan dengan cara digoreng. Tapi kue lebaran yang satu ini tidak bisa dimakan oleh kakek dan nenek yang sudah tidak memiliki gigi ya, karena tekstur kue biji ketapang ini sedikit keras.

 

5. Kue Sagu

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Seperti namanya, kue lebaran yang satu ini memang terbuat dari tepung sagu nih guys. Jadi gak melulu kue lebaran dibuat hanya dengan tepung terigu ya. Kue sagu ini juga menjadi kue favorit di momen lebaran lho.

 

6. Kue Kacang

(Foto ini diambil dari iNews.id)

Pecinta kacang pasti tau dengan kue lebaran yang satu ini nih, yap kue kacang. Kue kacang yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut, pasti selalu ada di saat lebaran nih guys.

 

7. Kue Semprit

(Foto ini diambil dari Selerasa.com)

Siapa yang suka dengan kue yang satu ini? Hmmm amat disayangkan, kue semprit adalah kue yang sudah ada sejak jaman baheula lho. Tau gak sih guys, bahan-bahan pembuatan kue semprit ini sangat mirip dengan kue nastar.

Jika kamu gak mau repot untuk mengolah adonannya, kamu bisa membuatnya dengan adonan nastar lho.

 

8. Lidah Kucing

(Foto ini diambil dari Selerasa.com)

Memiliki bentuk yang panjang sedikit lebar dan tipis, kue satu ini dinamakan sebagai kue lidah kucing karena bentuknya yang seperti lidah kucing. Jika kamu ingin membuat kue yang satu ini, harus sangat hati-hati ya.

Karena salah-salah membuat, kuenya akan menjadi hancur. Sangat disarankan untuk menggunakan oven dengan suhu yang rendah saat pemanggangan agar lidah kucing yang kamu buat tidak mudah hancur.

 

9. Kembang Goyang

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Nah, kue tradisional khas Betawi ini sangat unik namanya. Karena proses pembuatannya harus digoyang-goyang, kue ini dinamai dengan kue kembang goyang. Nama kembangnya sendiri didapat dari bentuk kue ini sendiri yang terlihat seperti bunga.

 

10. Astor

(Foto ini diambil dari Hipwee)

Selain kue putri salju, astor juga menjadi kue yang sangat disukai oleh anak-anak saat lebaran. Karena astor memiliki rasa yang manis membuat anak-anak menyukainya. Sekarang astor tidak hanya memiliki rasa coklat saja lho guys.

Astor jaman sekarang sudah memiliki beragam rasa, mulai dari coklat, strawberry, pandan, dll.

 

Jadi kue lebaran yang menemani momen bahagia nan suci kamu yang mana nih guys? kalau mimin sih putri saju ya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru

Berita Terpopuler

News

Celebrity

Viral