Gak Pernah Bolos? Ini Dia 8 Makanan Yang Selalu Ada di Momen Hari Raya Idul Fitri No. 1 Paling Populer!

Normalita Vinska

Hi guys! Gak kerasa ya bulan Ramadhan sudah kita lalui bersama hampir satu bulan lamanya, tinggal beberapa hari tersisa bulan Ramadhan sudah berakhir nih. Tapi jangan bersedih guys, insyaAllah jika diberi umur yang panjang tahun depan kita semua akan bertemu dengan bulan Ramadhan lagi aamiin.

Ngomogin bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan berakhir, menandakan kita akan tiba di hari kemenangan alias hari Raya Idul Fitri atau lebaran nih. Biasanya apa aja sih yang kalian lakukan saat menyambut hari Raya Idul Fitri?

Biasanya sih kalian sibuk mencari Outfit of the Day (OOTD) untuk nantinya dikenakan di hari yang spesial kan guys? Selain sibuk mencari outfit jangan melupakan masalah makanan yang selalu ada di saat lebaran ya guys!

Nah, seperti di bawah ini Pararta.com sudah merangkum makanan-makanan apa saja yang gak pernah bolos saat hari Raya Idul Fitri dari tahun ke tahun nih guys. Kepo gak sih ada makanan apa aja? Yuk! Langsung cekidot aja.

 

1. Ketupat

(Foto ini diambil dari iStock)

Di urutan paling pertama dan yang paling populer pasti sudah pada kenal semua nih ya, ketupat adalah menu yang selalu ada di saat hari raya lebaran. Ketupat yang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda alias janur ini sudah lumrah banget untuk orang Indonesia saat hari kemenangan tiba.

Pada hari lebaran tiba, biasanya ketupat dimakan bersama dengan sayur pepaya muda dengan kuahnya yang gurih-gurih sedikit pedas, atau bisa juga memakan ketupat ini bersama dengan opor ayam atau semur daging.

 

2. Rendang

(Foto ini diambil dari Tabloid Nova - Grid.ID)

Menjadi salah satu makanan terenak di dunia, rendang yang merupakan masakan dari Sumatera Barat (Padang) ini ialah olahan daging merah atau daging sapi yang dimasak dengan menggunakan santan dengan beberapa rempah-rempah yang khas.

Saat hari raya lebaran, rendang menjadi menu istimewa karena rasanya yang tak perlu diragukan lagi nih guys. Biasanya pada saat hari raya lebaran, rendang dimasak bersama dengan baby potato atau kentang yang berbentuk bulat kecil.

 

3. Opor Ayam

(Foto ini diambil dari CNN Indonesia)

Menu makanan selanjutnya yang selalu ada di momentum hari lebaran adalah opor ayam. Opor ayam adalah masakan yang terbuat dari ayam yang direbus kemudian diberikan santan dan ditambahi dengan berbagai bumbu rempah yang membuat cita rasanya menjadi nikmat.

 

4. Sambal Goreng Ati

(Foto ini diambil dari Kumpulan ide untuk memasak enak)

Untuk Kalian yang mau masak di hari lebaran namun tidak memiliki uang lebih, bisa banget masak menu makanan yang satu ini nih, ya menu masakannya adalah sambal goreng ati ampela.

Tak semahal harga daging, menu masakan satu ini pastinya ramah banget di kantong kalian nih guys.

 

5. Semur Daging

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Berbahan dasar daging dan kecap, semur daging juga masuk dalam makanan yang selalu ada di saat hari raya. Masakan dari olahan daging ini juga biasa disajikan dengan tambahan kentang dan juga bawang goreng.

 

6.  Kue Kering

(Foto ini diambil dari detikFood)

Gak afdol rasanya jika tidak ada kue kering di saat lebarang ya kan guys? Kue kering juga termasuk dalam makanan atau camilan yang wajib ada di meja nih. Yang paling populer dari kue kering adalah nastar, putri salju, dan juga kastengel

Namun selain tiga kue yang paling populer di saat lebaran tersebut, masih ada banyak lagi kue khas lebaran yang lain, seperti kue sagu, kue semprit, kue kacang, biji ketapang dll.

 

7. Kacang Goreng

(Foto ini diambil dari Isa Pressure Cooker)

Makanan selanjutnya yang selalu ada di momen lebaran adalah kacang goreng, biasanya kacang goreng yang ada di hari lebaran adalah kacang tanah yang digoreng bersama dengan bawang putih.

Dengan adanya rasa bawang putih yang digoreng, lebih nikmat lagi jika kacang goreng ditambahkan taburan penyedap rasa yang akan membuat rasa kacang goreng tambah nikmat saat dinikmati.

 

8. Rangginang

(Foto ini diambil dari iNews)

Rangginang atau Rengginang adalah makanan khas dari Jawa Barat dan Banten yang terbuat dari nasi atau beras ketan. Rengginang adalah makanan yang masuk dalam kategori kerupuk lho guys.

Rengginang yang biasa kita temui berwarna putih, merah muda, serta ungu ini juga menjadi makanan yang harus ada di saat lebaran datang untuk camilan.

 

Jadi saat lebaran makanan apa saja nih yang ada di rumah kalian guys? Dan yang menjadi favorit kalian menu masakan yang mana?

artikel terbaru