Bikin Kenyang! Berbagai Olahan Nasi Belahan Dunia yang Cocok Dijadikan Sebagai Menu Berbuka Puasa

Normalita Vinska

Untuk orang Indonesia kurang mantap jika makan belum kena nasi, nasi sendiri adalah hidangan yang harus selalu ada di meja makan. Meski sudah makan berbagai jenis makanan, tapi jika belum makan nasi rasanya kurang afdol.

Apalagi jika kamu pecinta nasi, pastinya gak boleh banget ketinggalan atau kelupaan untuk membawa nasi atau membeli nasi jika berpergian atau kulineran ya. Jika kalian kangen jalan-jalan kuliner, Pararta.com sudah merangkum beragam macam olahan nasi dari berbagai negara nih, yuk cekidot:

 

1. Sri Lanka, Nasi Kari Ayam

(Foto ini diambil dari www.hebergementwebs.com)

Nasi yang berasal dari Sri Lanka ini cocok disajikan untuk menu berbuka puasa lho guys. Nasi Kari Ayam dari Sri Lanka ini terbuat dari beras yang direbus atau dikukus yang dihidangkan dengan kari dan ikan, ayam, atau daging kambing.

 

2. Malaysia, Nasi Kerabu

(Foto ini diambil dari Portal Berita Konten)

Sangat menarik perhatian, makanan khas Malaysia selanjutnya ada nasi kerabu, keunikan menu masakan satu ini terdapat pada warna nasinya guys. Biasanya kan nasi berwarna putih, namun berbeda dengan nasi kerabu yang memiliki warna biru.

 

3. Nigeria, Nasi Jollof

(Foto ini diambil dari detikFood - Detikcom)

Olahan nasi yang berasal dari negara Nigeria ini adalah menu masakan yang dinamai Nasi Jollof. Nasi ini dihidangkan di dalam satu panic berukuran besar yang juga populer di negara Afrika Barat.

 

4. Singapura, Nasi Ayam Hainan

(Foto ini diambil dari Haibunda.com)

Nasi ayam hainan ini adalah masakan Tionghoa yang kerap kali dikaitkan dengan masakan Singapura dan Malaysia. Dinamakan sebagai nasi ayam hainan karena masakan ini berasal dari tradisi seni memasak Hainan dan penerapannya oleh populasi orang Tionghoa perantauan suku Hanian dalam kawasan Nanyang.

Nasi ayam Hainan biasanya disajikan dengan ayam yang direbus dalam kaldu tulang ayam atau babi.

 

5. Malaysia, Nasi Lemak

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Siapa nih di sini penggemar kartun Upin & Ipin yang juga berasal dari Malaysia? Pasti jika kalian penggemar kartun ini sudah tidak asing lagi dengan olahan masakan nasi lemak.

Di Indonesia sendiri nih guys, nasi lemak itu mirip dengan nasi uduk, karena proses pembuatan keduanya sama-sama menggunakan santan.

 

6. Indonesia, Nasi Goreng

(Foto ini diambil dari detikFood)

Fix bukan orang Indonesia jika belum pernah memakan nasi goreng nih. Di Indonesia sendiri nasi goreng paling sering dijadikan sebagai menu sarapan, namun nasi goreng juga bisa dimakan setiap waktu.

Untuk berbuka puasa nasi goreng juga sangat cocok untuk disajikan, di masak dengan nasi yang diberi bumbu-bumbu penyedap dan juga kecap, nasi goreng juga bisa ditambahkan dengan topping, seperti bakso, ayam suwir, telur dadar, dll.

 

7. India, Nasi Biryani

(Foto ini diambil dari detikNews)

Nasi biryani khas negara India ini sedikit berbeda bentuknya, karena bentuk nasi biryani ini sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan ukuran nasi Indonesia. Beras yang digunakan untuk membuat olahan nasi biryani ini bernama beras basmati.

Pembuatan nasi biryani ini dimasak dengan rempah-rempah yang kemudian ditambahkan dengan sayuran, daging. Daging yang bisa digunakan adalah daging ayam, kambing, dan sapi. Namun jika tidak menyukai daging, kalian juga bisa menggantinya dengan ikan atau udang.

 

8. Spanyol, Nasi Paella

(Foto ini diambil dari Kamus Masak)

Hidangan nasi khas dari Valencia, Spanyol ini ada berbagai macam variannya, seperti paella Valencia, paleea sayuran, paella seafood, dan juga ada paella campur.Nasi Paella ini dianggap sebagai salah satu simbol bagi daerah Valencia.

Nasi Paella menggunakan beras yang bernama bomba, digunakan beras bomba karena beras ini cenderung tidak terlalu matang. Namun orang Valencia cenderung menggunakan beras Senia yang cenderung lebih lengket dan cukup sulit untuk cepat matang.

 

9. Uzbekistan, Uzbek Plov

(Foto ini diambil dari Silk Voyage)

Hampir sama dengan Indonesia, Uzbekistan adalah negara yang memiliki banyak pertanian local, seperti ladang gandung. Hal tersebut membuat Uzbekistan menjadi negara yang memiliki makanan pokok roti dan mie.

Uzbek plov merupakan hidangan yang biasanya dibuat dengan nasi, potongan daging, parutan wortel, dan bawang bombay. Uzbek Plov biasanya dimasak di kazan di atas api yang terbuka.

 

10. Indonesia, Nasi Kuning

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia, nasi kuning sudah sangat sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia di berbagai acara. Nasi kuning terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit.

Karena dimasak bersamaan dengan kunyit yang membuat nasi ini bisa menjadi kuning. Selain kunyit, nasi kuning juga dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia.

 

Gimana nih guys deretan olahan nasi di atas sudah menjadi rekomendasi untuk kamu memasak belum nih? Hidangan nasi dari berbagai negara yang sudah disajikan di atas tadi, juga cocok untuk pilihan menu berbuka puasa lho.

Editor: Gethya Nabilla

artikel lainnya

artikel terbaru