Awas Batal! Berikut 7 Minuman Pembatal Puasa yang Buat Puasa Kalian Tergoda

Normalita Vinska

Berbuka puasa memang dianjurkan dibuka dengan yang manis-manis ya guys, tidak hanya makanan aja nih. Banyak juga minuman manis yang mantep banget jika dijadikan sebagai pembatal puasa kalian nih guys.

Banyak jenis es yang bisa menyegarkan tenggorokan kamu saat membatalkan puasa nih, seperti yang sudah dirangkum Pararta.com di bawah ini ada berbagai jenis es yang bisa menyegarkan tenggorokan saat berbuka puasa. Yuk, cekidot:

 

1. Es Cendol

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Minuman pertama dibuka dengan es cendol, di mana es satu ini terbuat dari tepung hunkwe yang biasa berbentuk pipih memanjang dengan warnanya yang khas, yakni hijau.

Es cendol ini disajikan dengan tambahan kuah santan dan juga gula merah yang dicairkan yang membuat es ini menjadi lebih nikmat lagi rasanya.

 

2. Es Cincau

(Foto ini diambil dari HappyFresh)

Ada yang gak tau dengan es satu ini? Berarti kamu kurang jajan nih guys waktu kecil hehehe. Es cincau sendiri ada berbagai macam, ada cincau yang hijau ada juga cincau yang berwarna hitam.

Namun keduanya tetap nikmat jika disajikan dengan es batu dan tambahan sirup atau susu. Bisa juga ditambahkan dengan aneka buah yang kalian sukai.

 

3. Es Blewah

(Foto ini diambil dari Femina)

Yang ketiga ini ada minuman yang bernama es blewah, berbahan dasar buah blewah es satu ini juga sangat nikmat jika disajikan untuk membatalkan puasa kalian nih. Es blewah ini juga beragam variannya guys, ada es blewah selasih, es blewah kelapa mudah, es blewah cincau, dll.

 

4. Es Timun Selasih

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Paling mudah ditemui atau dibuat sendiri di rumah, es timun selasih ini memiliki rasa yang menyegarkan di tenggorokan lho guys. Tidak hanya rasanya yang menyegarkan tenggorokan, minuman satu ini juga bermanfaat untuk melunturkan lemak di tenggorokan dari daging dan santan lho.

 

5. Es Kuwut

(Foto ini diambil dari Resepedia)

Es yang memiliki penampilan yang mirip dengan es timun selasih, es kuwut merupakan minuman yang berasal dari Bali. Es ini memiliki cita rasa asam manis dan disajikan dingin.

 

6. Es Sarang Burung

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Siapa yang baru pertama kali dengar nama es yang satu ini? Kalo gitu sama dong sama mimin. Es sarang burung juga beragam variannya nih guys, jadi kamu tinggal pilih es sarang burung mana yang paling kalian sukai.

 

7. Es Kopyor

(Foto ini diambil dari PinkKorset.com)

Dan yang terakhir dan menjadi penutup ada es kopyor nih guys, membatalkan puasa memang paling nikmat dengan minuman manis dan segar ya. Es kopyor menjadi salah satu minuman menyegarkan untuk berbuka puasa nih guys.

Minuman satu ini terbuat dari kelapa yang mengalami kelainan genetik yang membuat daging kelapanya menjadi lunak dan tidak menempel pada batok kelapa. Namun karena tidak semua kelapa mengalami kelainan tersebut, biasanya masyarakat menggunakan daging kelapa yang lembut.

 

Jadi udah batal puasa apa belum nih guys? Semoga aja enggak batal setelah melihat beragam es yang sudah di sajikan di atas ya hehehe.

 

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru