7 Makanan Khas Brunei Darussalam ini Cocok untuk Pengganjal Perut Ketika Berbuka Puasa Nih Guys!

Normalita Vinska

Masih berada di kawasan Asia Tenggara, negara Brunei Darussalam juga memiliki berbagai kuliner yang menggugah selerah nih guys. Karena menjadi negara yang berada di wilayah Asia, maka tidak menutup kemungkinan jika makanannya banyak yang mirip dengan makanan yang ada di Indonesia nih guys.

Negara yang terletak di bagian Utara Pulau Kalimantan (Borneo) dan berbatasan dengan Malaysia ini adalah negara kerajaan yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Balik lagi nih ngebahas tentang makanannya, makanan-makanan dari Brunei Darussalam ini cocok banget untuk mengganjal perut ketika berbuka puasa nih guys. Selain cocok untuk berbuka puasa, ternyata kue-kue khas Brunei Darussalam ini banyak yang mirip dengan kue-kue tradisional Indonesia lho, udah kepokan? Yuk, cekidot:

 

1. Pulut Panggang

(Foto ini diambil dari Moslem Lifestyle)

Yang pertama ini ada makanan khas dari Brunei Darussalam bernama pulut panggang, makanan satu ini terbuat dari beras ketan, santan, gula, dan juga garam. Penyajian pulut panggang ini ternyata mirip dengan makanan Indonesia lho guys.

Mirip dengan lemper, pulut panggang ini disajikan dengan bungkusan daun pisang yang kemudian dipanggang di atas arang yang sudah menyala sampai mengeluarkan wangi yang harum.

 

2. Kue Celurut

(Foto ini diambil dari ProProfs)

Merupakan makanan tradisional dari Brunei Darussalam, kue celurut atau kuih celurut ini dibuat menggunakan tepung beras, gula merah, santan, dengan tambahan bumbu lainnya yang kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda.

Guys, jika diperhatiin nih kuih celurut yang berasal dari Brunei Darussalam ini ternyata mirip dengan makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat bernama lepet ya.

 

3. Kue Cincin

(Foto ini diambil dari detikFood)

Berbeda dengan kue cincin yang ada di Indonesia ya guys, di Brunei Darussalam kue cincin memiliki bentuk seperti kue kering yang memiliki banyak lubang. Sedangkan kue cincin di Indonesia berbentuk seperti donat yang memiliki lubang ditengahnya.

Sudah terlihat dari bentuknya, kue cincin dari Brunei Darussalam ini memiliki rasa yang manis dan juga renyah.

 

4. Kue Calak

(Foto ini diambil dari [email protected])

Kue yang terbuat dari terigu, santan, daging sapi cincang, dan kacang serta sayuran ini bernama kue calak yang menjadi salah satu makanan khas dari Brunei Darussalam yang wajib banget kalian cobain nih guys.

Jika dilihat sekilas bentuk kue ini sangat mirip dengan jajanan pasar Indonesia ya guys, ada yang tau gak jajanan apa? Ya bener banget, kue ini mirip dengan kue cubit.

 

5. Kue Bahulu

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Kudapan dari Brunei Darussalam ini juga mirip dengan kue yang ada di Indonesia juga lho guys. Kue yang terbuat dari tepung gandum, gula, baking powder, telur, dan vanila ini pasti jika dimakan akan terasa manis ya guys.

Kue Bahulu dari Brunei Darussalam ini jika di Indonesia mirip dengan kue yang berasal dari Banyuwangi yang bernama bolu klemben. Kue ini juga banyak bentuk cetakannya lho guys, pastinya akan disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan juga bentuknya yang menarik perhatian.

 

6. Kue Cara Pusu

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Kue cara pusu ini adalah kue yang paling banyak disukai oleh masyarakat Brunei Darussalam lho guys. Ternyata kue cara pusu ini adalah kue yang sangat dikenal oleh warga Gorontalo, karena sudah ada sejak dulu kala.

Masyarakat Brunei Darussalam sendiri sudah mengakui bahwa kue satu ini memiliki pengaruh dari negara Indonesia. Kue satu ini mirip dengan kue lumpur asal Indonesia ya guys.

 

7. Kue Katilapam

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Kue yang terlihat mirip dengan ketupat ini ternyata adalah kue yang sering disajikan saat ada pertemuan penting di Brunei Darussalam lho guys. Kue Katilapam ini adalah kue rebus yang terbuat dari tepung beras yang memiliki rasa yang unik.

 

Gimana guys? Betulkan apa kata mimin, makanan-makanan dari Brunei Darussalam di atas yang sudah dirangkum oleh Pararta.com banyak yang mirip dengan kue tradisional Indonesia.

artikel terbaru