Bukan Hanya Lezat Ternyata Kurma Mazafati / Bam Ini Memiliki Segudang Manfaat Didalamnya!

Wulandari Astiani

Kurma Mazafati atau juga yang disebut sebagai Kurma Bam ini tumbuh di kota Bam wilayah Kerman, Iran. Wilayah Bam sendiri memiliki sekitar 28.000 hektar tanah dibawah masa panen mazafati, dan 5.000 hektar berkaitan dengan pohon-pohon palem muda. Bam merupakan tempat yang paling terkenal untuk kurma jenis mazafati/bam yang berkualitas tinggi.

Kurma ini memiliki ciri berwarna coklat hingga hitam yang sangat terkenal dengan kelezatannya. Kandungan air dalam Kurma Bam ini biasanya mencapai 15-25% dan hal ini bergantung dengan waktu panen dan dimana kurma tersebut tumbuh.

Kurma yang sangat populer di Iran ini memiliki bentuk oval dan dagingnya yang sangat lembut dengan ukuran 2,5-4,5 cm. Selain terkenal akan kelezatannya, kurma ini memiliki beberapa manfaat didalamnya. Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat di dalam Kurma Mazafati / Bam :

  1. Mencegah Kanker
  2. Menetralkan Asam Lambung
  3. Rendah Lemak dan Tinggi Serat
  4. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
  5. Mengobati Diare
  6. Mencegah Anemia

Nah itu dia beberapa manfaat kurma yang bisa kamu dapatkan dari kurma mazafati/bam ini. Dilihat dari beberapa manfaatnya kurma ini cocok sekali dikonsumsi saat berbuka di bulan Ramadhan ini.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru