7 Jajanan Pasar Tradisional Ini Pasti Sering Kamu Jumpai Saat Berburu Takjil

Normalita Vinska

Indonesia adalah negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kuliner dan berbagai macam jajanan pasar yang sangat beraneka ragam. Saking berlimpahnya kuliner dan jajanan pasar yang dimiliki Indonesia, pasti akan membuat kalian bingung untuk memilih yang mana.

Kebetulan sekarang adalah bulan Ramadhan nih guys, Pararta.com akan mengumpulkan kue atau jajanan pasar yang pasti paling sering kalian temui saat memburu takjil untuk berbuka puasa.

 

1. Kue Sus

(Foto ini diambil dari BukaReview - Bukalapak)

Yang pertama adalah kue sus, siapa sih yang gak suka kue sus dengan rasanya yang manis dan lembut ini? Jajanan satu ini adalah salah satu jajanan pasar yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, terbuat dari berbagai tepung, gula, telur, susu, dll membuat kue populer satu ini banyak diincar saat berburu takjil.

 

2. Pastel

(Foto ini diambil dari Kompas.com)

Dan yang kedua ada pastel, kudapan satu ini juga yang paling sering ditemui di penjual takjil. Rasanya yang renyah dengan isian bihun wajar saja bila pastel adalah makanan yang banyak diburu untuk berbuka puasa.

 

3. Serabi

(Foto ini diambil dari Resep TokoWahab Blog)

Jajanan pasar dengan rasanya yang manis ini sangat banyak variasi rasanya lho guys, jadi tergantung selera kalian nih. Serabi yang bisa dibilang sebagai pancake dari Indonesia ini sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

 

4. Lemper

(Foto ini diambil Kitchen of Indonesia)

Mirip dengan lontong namun jangan sampai salah lho guys, karena lemper terbuat dari beras ketan yang biasanya berisi daging ayam. Sedangkan lontong terbuat dari beras biasa yang dalamnya berisi oncom atau sayuran.

Perbedaannya tidak hanya bisa dilihat dari isinya saja, namun juga bisa dilihat dari penampilanya, karena lemper berukuran lebih kecil dari pada lontong.

 

5. Lumpia

(Foto ini diambil dari detikFood)

Berikutnya ada jajanan pasar lumpia, saat kalian berburu makanan untuk berbuka puasa pasti kalian akan sering menemukan jajanan pasar yang satu ini nih. Karena cara pembuatannya yang mudah. Lumpia ini juga banyak variannya, ada yang isinya sayuran dan juga suwiran ayam.

 

6. Cucur

(Foto ini diambil dari IDN Times Jabar)

Buat kalian yang lagi diet pasti sangat menghindari jajanan pasar yang satu ini nih, karena cucur adalah jajanan tradisional yang mengandung banyak minyak. Meskipun begitu, cucur juga banyak penggemarnya lho, karena cucur memiliki rasa yang manis dan legit.

 

7. Dadar Gulung

(Foto ini diambil dari IDN Times)

Eits, bukan dadar telor ya hehehe, jajanan pasar yang terakhir ini ada namanya dadar gulung. Kue basah dengan warna hijaunya ini juga sangat sering ditemui di penjual takjil. Harganya yang murah dan juga rasanya yang banyak disukai masyarakat Indonesia, membuat dadar gulung menjadi kue yang cocok untuk dijadikan sebagai takjil.

 

Gimana nih guys deretan jajanan pasar yang sudah dirangkum di atas? Sering kalian temui saat berburu takjil untuk berbuka puasa kan?

artikel terbaru